Cara Memindahkan M Banking BNI ke HP Lain

Cara Memindahkan M Banking BNI ke HP Lain dengan Langkah Sederhana

Pemindahan m-banking dari Hp satu ke HP lainnya mungkin saja terjadi. Ada beberapa alasan yang mendasarinya, mulai dari HP lama rusak hingga hilang. Alasan-alasan inilah yang membuat pengguna m-banking harus memindahkan akun ke perangkat yang baru. Cara memindahkan m banking BNI ke HP lain bukankah hal sulit.

Tidak ada alat khusus yang diperlukan kecuali HP yang akan digunakan, aplikasi BNI Mobile, dan pulsa. Pastikan juga memiliki sambungan internet agar proses bisa berjalan dengan lancar. Hal lain yang diperlukan adalah beberapa data dari akun seperti ID yang digunakan. Berikut cara memindahkan akunnya:

1. Unduh Aplikasi M-Banking BNI dan Buka Menu Aktivasi

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi m-banking asli dari Bank BNI. Aplikasinya sudah tersedia di tempat pengunduhan aplikasi seperti Play Store atau App Store. Lakukan pengunduhan dan tunggu prosesnya hingga selesai. Saat sudah selesai, biasanya aplikasi tersebut akan otomatis terpasang di perangkat yang digunakan.

Setelah berhasil terpasang, langsung buka aplikasi tersebut dan lihat pada menu utamanya. Beberapa menu biasanya akan muncul di layar termasuk menu “Aktivasi”. Pencet saja menu tersebut untuk pergi ke menu selanjutnya. Menu ini memang difungsikan untuk melakukan aktivasi jika ingin masuk pada akun yang dimiliki.

REKOMENDASI »  Ketahui Cara Membeli Obligasi Pemerintah Serta Keuntungannya

2. Tulis User ID yang Dimiliki

User ID adalah nama akun yang dan berguna untuk masuk dalam m-banking pribadi. Nama akun ini didapat saat melakukan registrasi awal untuk m-banking di HP yang lama. Jadi pastikan untuk mengingatnya agar bisa masuk dan melakukan aktivasi di HP yang baru. Jika lupa, sebaiknya pergi ke kantor BNI terdekat.

Inilah pentingnya mencatat hal-hal yang diperlukan. User ID adalah salah satu data penting tapi sekaligus sering disepelekan. Masalah lupa pada user ID bukanlah hal baru, pasti banyak yang sudah mengalaminya. Untuk itu, setelah mengingatnya pastikan segera menulis dalam catatan yang sekiranya bisa digunakan saat lupa.

3. Ikuti Instruksi untuk Mengisi Nomor Kartu dan Negara

Setelah berhasil masuk menggunakan user ID, langkah selanjutnya adalah mengisi nomor kartu ATM yang tertera di bagian depan kartu. Nomor kartu adalah sederet kombinasi angka yang sudah ditentukan pihak BNI dan tidak bisa dirubah. Saat memasukkan pastikan sudah mengisinya dengan benar tanpa kekurangan satu angka pun.

REKOMENDASI »  Ketahui Apa Saja Ide Jualan dari Kulit Pangsit Sebelum Mencoba Usaha

Cara memindahkan m banking BNI ke HP lain akan dilanjutkan dengan pengisian negara yang ditinggali. Hal ini penting dalam melakukan proses aktivasi. Data ini akan digunakan pihak BNI untuk melakukan konfirmasi kebenaran data. Jadi jangan memasukkan negara yang salah atau sampai sengaja melakukannya.

4. Tambahkan Kode OTP dalam Data yang Perlu Dimasukkan

Kode OTP adalah kombinasi unik berupa angka dan huruf yang diberikan pihak BNI untuk melanjutkan proses aktivasi. Setelah memasukkan semua data yang diperlukan, maka akan diarahkan menuju fitur SMS di HP. Ikuti perintahnya dan kirim SMS yang tertera. Kemudian akan ada pesan berisi kode OTP lalu masukkan dalam aplikasi.

REKOMENDASI »  Apa Itu Server, Berikut Ini Penjelasan Lebih Detailnya

5. Buat MPIN dan Sandi Baru untuk Menyelesaikan Proses

Langkah terakhir yang diperlukan adalah membuat MPIN. Pada tahap ini diperlukan MPIN dengan kombinasi yang baru. Jangan sampai menggunakan MPIN lama karena jika dilakukan maka proses tidak akan selesai. Buat juga sandi baru untuk pengamanan. Jika sudah, klik “Ok” dan proses aktivasi di HP baru telah selesai.

Rangkaian cara memindahkan m banking BNI ke HP lain di atas harus diikuti dengan baik. Jika HP lama dicuri, akan lebih baik untuk meminta bantuan customer service dari pihak BNI untuk melakukan penghapusan SSN. Hal ini bertujuan agar akun tidak bisa digunakan orang lain di HP lama atau disalahgunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *