Berikut Ini Tujuan Investasi dari Para Investor, untuk Mendapatkan Uang! (cobizmag.com)
Berikut Ini Tujuan Investasi dari Para Investor, untuk Mendapatkan Uang! (cobizmag.com)

Berikut Ini Tujuan Investasi dari Para Investor, untuk Mendapatkan Uang!

Apa tujuan investasi? Biasanya pertanyaan yang satu ini sulit mendapat jawaban karena banyak alasan mengapa seseorang melakukan investasi. Namun dari alasan tersebut tentu akan menghasilkan tujuan yang cukup bervariasi dengan banyaknya investor.

Pada umumnya, tujuan seseorang melakukan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan berupa uang atau finansial. Nah, manfaat tersebut dapat berupa uang maupun dalam bentuk yang lain. Selain itu tujuannya itu juga bisa dipengaruhi dengan jangka waktu yang investor pilih.

Tujuan Investasi yang Wajib Anda Ketahui dan Pahami

Investasi merupakan kegiatan untuk menyimpan dana dalam periode waktu tertentu dengan harapan bisa mendatangkan keuntungan. Nah seorang yang melakukan investasi disebut sebagai investor (penanam modal).

Investasi sendiri memang ada kaitannya dengan usaha atau bisnis, namun ada juga yang justru tidak terikat dengan bisnis. Karena banyak investasi dan bisnis yang justru malah diminati oleh sebagian masyarakat untuk meningkatkan aset mereka.

REKOMENDASI »  Aplikasi Tik Tok, Mudah Digunakan untuk Membuat Konten

Seperti tadi bahwa dari tujuan melakukan investasi sendiri memang sangat bermacam-macam. Ada yang bertujuan dalam menyiapkan dana untuk masa depan dan ada juga sebagai pendapatan sampingan. Agar lebih jelas lagi, maka Anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

Mampu Melindungi Dana dari Inflasi

Salah satu tujuan investasi adalah guna melindungi uang dari adanya inflasi. Memang sebenarnya inflasi sendiri cukup sulit untuk kita hindari.

Akan tetapi, hal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan antisipasi supaya tidak menimbulkan dampak yang cukup parah. Melalui investasi seperti ini, maka dampak tidak baik dari inflasi dapat diminimalisir dengan mudah.

Pasalnya, inflasi sendiri juga sering terjadi bahkan hampir setiap tahunnya dan berakibat semakin menurun nilai kekayaan dan aset. Jika hanya didiamkan saja, maka kemungkinan besar aset atau uang tersebut sudah tidak akan berharga lagi.

Mendapatkan Imbalan

Tujuan investasi yang kedua adalah, para investor dapat mendapatkan penghasilan pasif atau bahkan rutin setiap bulannya. Sama halnya seperti gaji bagi pegawai yang bekerja di kantoran.

REKOMENDASI »  Reksa Dana VS Emas, Mana yang Lebih Menguntungkan

Sebab beberapa jenis instrumen investasi mampu memberi manfaat serta imbal dari hasil setiap bulannya kepada semua investornya. Sementara itu, untuk besarannya juga akan tergantung dari seberapa banyak dan besar jenis investasinya itu. Misalnya saja seperti obligasi yang selalu menawarkan imbal hasil kepada investornya setiap bulan.

Mengembangkan Usaha

Investasi juga sangat bertujuan untuk bisa mengembahkan bisnis maupun usaha yang sudah investor miliki. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan imbal hasil tersebut yang berasal dari investasi untuk tambahan modal.

Untuk Dana Tertentu

Tujuan investasi setiap orang memang berbeda-beda, misalnya saja untuk mempersiapkan uang atau dana untuk masa yang akan datang. Jika semakin sulit dalam mencari pekerjaan dengan gaji banyak, maka membuat seseorang harus pintar untuk merencanakan keuangan mereka.

REKOMENDASI »  Mengenal Produk Reksa Dana Mandiri Sekuritas serta Keuntungan Membelinya

Sehingga investasi merupakan salah satu jalan alternatif untuk mengatur keuangan mereka. Dengan tujuan supaya tidak cepat habis dalam waktu yang sangat singkat.

Untuk Usaha

Selain tujuan-tujuan sebelumnya, melakukan investasi juga sangat berguna untuk jaminan dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Misalnya saja seperti dengan menanam modal dahulu kepada para supplier bahan baku. Maka usaha yang akan dijalankan tidak bakalan kehabisan stok.

Tujuan investasi setiap orang memang cukup berbeda-beda. Namun tujuan yang paling mendasar adalah untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Sehingga setelah masa tua nanti tinggal menikmati hasil dari investasi di masa muda tersebut, tak terkecuali dengan investasi saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *