aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang

Berikut 5 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

Hobi menulis dapat dijadikan sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang apabila memilih platform yang tepat. Sebagai seorang penulis yang ingin karyanya meluas secara komersial maka bisa melalui mencetak buku lewat penerbit atau menerbitkannya secara online melalui aplikasi tertentu. Nah, aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang kini telah beredar cukup banyak. Pastinya dengan syarat kontrak yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Jika memang memiliki naskah cerita yang menabrak lebih baik diterbitkan agar uang mengalir. Inilah saran aplikasi menulis yang membayar penulisnya:

1. Good Novel

Meski terbilang baru ada Indonesia yaitu tahun 2020, platform baca menulis ini sudah populer. Konten genre yang tersedia di God Novel cukup beragam mulai dari kisah percintaan romantis hingga fantasi. Jika ingin memulai karir di sana maka lebih baik melakukan riset terlebih dahulu terkait genre dominan yang disukai pembaca. Maka dengan begitu, naskah yang sekarang ini sedang dibuat atau telah jadi dapat menemukan kecocokannya di sana.

REKOMENDASI »  Inilah Cara Transfer OVO ke LinkAja Mudah dan Lengkap serta Biaya Layanannya:

Penulis bisa mulai apply kontrak ketika jumlah katanya memenuhi 5 ribu kata. Butuh waktu paling lama kira-kira sebulan untuk mendapat email balasan cerita yang dikirim mendapatkan kontrak non-eksklusif maupun eksklusif. Perbedaan dari kedua kontrak tersebut adalah besarnya jumlah bonus yang diberi. Selain itu, cerita yang mendapatkan kontrak non-eksklusif boleh diterbitkan di platform lain.

2. Dreame

Aplikasi dengan latar belakang berwarna ungu dan ikon kuda pony ini telah diunduh oleh sepuluh juta lebih pengguna. Diantaranya pasti pembaca dan penulis. Terdapat ratusan ribu judul yang dapat dibaca. Apalagi terdapat komunitas yang dijadikan lahan untuk diskusi bersama. Bagi penulis pemula yang ingin menulis pada platform ini perlu mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku. Seperti misalnya minimal bab yang diajukan kontrak, total seluruh kata, pembayaran kontrak, dan lain sebagainya. Perlu diperhatikan sebelum menandatangani kontrak yang dikirim oleh editor Dreame, penulis sudah membacanya dengan teliti.

REKOMENDASI »  Mengenal 7 Cara Memperbaiki Google Chrome yang Tidak Bisa Membuka Website

3. KBM App

Aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang satu ini dikembangkan oleh Inovasi Alfatih Dev yang dapat digunakan sebagai wadah menyalurkan ide-ide tulisan di pikiran. Siapapun bebas berkarya menulis cerita tanpa batas minimal. Sistem yang dipakai di KBM ialah dengan koin. Penulis bisa mulai menulis ceritanya dan mengunci bab yang nantinya akan dibuka menggunakan koin. Koin itulah yang menjadi jatah bayaran penulis. Bangun jaringan dengan pembaca agar cerita yang diterbitkan semakin laris.

4. Novelme

Hampir sama seperti aplikasi yang lain, Novelme juga menyuguhkan ribuan cerita dengan sebagian bab terkunci berbayar. Untuk mendapatkan kontrak di sana, penulis perlu mencari editor Novelme terlebih dahulu untuk membimbing bagaimana proses pengajuan kontrak hingga penandatangannya, Akan lebih baik jika sharing bersama penulis yang sudah pernah menulis di sana. Pelajari kontrak yang diberikan dan tanda tangani bila puas dengan syarat yang diberikan.

REKOMENDASI »  Mengenal Cara Menggunakan Turbo VPN untuk Membuka Website yang Diblokir

5. Innovel

Innovel merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer Dreame Media. Fitur-fitur yang dimiliki lengkap dan sederhana. Penulis pemula harus mengupload karyanya terlebih dahulu dan menunggu seleksi. Apabila lolos maka kontrak akan diberikan. Kesepakatan pembayaran tergantung dari kualitas cerita dan jumlah kata yang ditulis. Lakukan koreksi pada EYD dan outline supaya editor Innovel melirik karya tersebut.

Itulah kelima aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang dan wajib dicoba. Jika sedang membutuhkan penghasilan tambahan maka bisa menjadikan menulis di platform berbayar sebagai pekerjaan sampingan. Selain itu, setiap aplikasi menawarkan kontrak yang berbeda-beda. Pilih platform menulis yang nyaman agar kualitas cerita tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *