aplikasi tangkap layar

5 Aplikasi Tangkap Layar Ini Mudah dan Praktis Digunakan

Terkadang manusia perlu mengambil tampilan layar secara langsung. Dengan demikian, informasi pada tangkapan layar tersebut bisa disimpan untuk dilihat kembali nanti. Gawai seperti smartphone dan komputer memiliki tombol untuk menangkap layar, namun ada pula aplikasi untuk melakukan hal tersebut. Berikut adalah aplikasi tangkap layar yang mudah dan praktis digunakan:

1. SnapDraw

SnapDraw adalah salah satu aplikasi tangkap layar yang tersedia secara gratis. Aplikasi ini memiliki lima mode untuk menangkap layar, salah satunya mode Transparent Window Capture. SnapDraw bisa menangkap layar secara langsung dan mengeditnya agar lebih menarik. Pengguna akan mampu mengedit dengan memberi efek bayangan, bentuk, bingkai, latar belakang, dan sebagainya.

Selain itu, SnapDraw juga mempunyai fitur untuk menangkap layar secara 3D, menangkap layar dari webcam, serta mengatur rasio gambar. Hasil tangkapan layar pun tampak beresolusi tinggi dan jernih. Jika aktivitas mengedit ingin dilakukan di lain waktu, hasil tangkapan layar bisa disimpan dalam format JPG, BMP, PNG, dan JPEG.

2. Snagit

Snagit merupakan aplikasi tangkap layar yang dibuat oleh TechSmith Software Company. Dengan menggunakan Snagit, tampilan layar secara horizontal dan vertikal dapat ditangkap seutuhnya. Pesan chat maupun tampilan situs yang panjang pada layar akan mampu ditangkap secara sempurna. Selain itu, tangkapan layar berupa teks juga dapat diekstrak untuk dicopy di dokumen lain dengan mudah.

REKOMENDASI »  Aplikasi Kredit Handphone Tanpa DP, Ini Rekomendasinya

Tangkapan layar hasil Snagit akan dapat diedit oleh pengguna. Pengguna bisa memberi efek dan mengatur ukuran gambar hasil tangkapan untuk dibagikan ke aplikasi lain, misalnya Slack. Selain itu, Snagit juga bisa digunakan untuk membuat video dan template. Media-media ini akan berguna sebagai tutorial, dokumentasi, dan bahan ajar yang mudah dipahami bagi orang lain.

3. Screen Master

Screen Master adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menangkap layar smartphone. Aplikasi ini bisa diunduh dengan cepat dan menghabiskan memori smartphone kurang dari 5 MB. Walaupun aplikasi ini ringan, Screen Master mampu menyediakan tiga mode yaitu Web Capture, Shaking Device, dan Floating Button untuk menangkap layar.

REKOMENDASI »  Rekomendasi Aplikasi Editor Terbaik, Sajikan Hasil Aesthetic

Melalui mode-mode itu, pengguna cukup menggoyangkan smartphonenya atau memencet tombol-tombol yang ditampilkan sehingga proses menangkap layar menyenangkan. Uniknya lagi, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan emoji pada hasil tangkapan layar.

Screen Master juga dapat menangkap keseluruhan sebuah situs hanya dengan mengcopy dan paste URL situs itu pada aplikasi. Jika sudah selesai diedit, hasil tangkapan layar bisa disimpan dalam format PNG. Hasilnya pun akan HD, sehingga pengguna akan puas.

4. Go ScreenShot Capture

Aplikasi besutan ProTools ini juga dapat digunakan untuk menangkap layar smartphone dengan mudah. Seperti halnya Screen Master, aplikasi Go ScreenShot Capture ini dapat dipakai dengan cara menggoyangkan gawai. Gambar hasil tangkapan layar pun nantinya bisa diedit dengan fitur Rotate, Ratio, atau Crop.

Cara menggunakan Go ScreenShot Capture sangat sederhana. Pengguna cukup menekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan, atau tombol Power dan Home di saat yang sama selama dua detik. Selain itu, ikon dari aplikasi ini juga dapat diklik sehingga tampilan layar tertangkap dengan baik.

REKOMENDASI »  Cara Kerja dan Manfaat Proxy Server, Simak Ulasan Lengkapnya!

5. ScreenShot Touch

Aplikasi smartphone buatan Daejeong Kim ini unik karena dapat digunakan hanya dengan satu sentuhan. Tampilan layar akan bisa tertangkap hanya dengan mengetuknya pada panel notifikasi. Selain itu, menggoyangkan smartphone juga merupakan opsi untuk mengaktifkan ScreenShot Touch.

Aplikasi ScreenShot Touch ini juga dilengkapi dengan fitur lainnya. Pengguna akan bisa merekam video dan mengedit hasil tangkapan. Tersedia fitur Rotate, Ratio, Crop, Opacity, Stamp, Circle, Rectangle, Text, Pen, dan masih banyak lagi yang bisa digunakan. Dengan beragam fitur ini, pengguna akan bisa mengatur gambarnya sesuka hati dan merasa puas.

Aplikasi-aplikasi tangkap layar itu bisa diperoleh dan dimanfaatkan oleh pengguna dengan praktis. Penggunaan beragam aplikasi tersebut diharapkan akan membuat hasil tangkapan layar tampak lebih optimal. Dengan demikian, informasi pada gambar tersebut akan tersimpan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *