aplikasi edit background foto pc

5 Aplikasi Edit Background Foto PC

Ada banyak orang yang mau mempunyai foto yang bagus untuk ditunjukkan ke orang lain. Hal yang dapat membuat foto terlihat cantik adalah backgroundnya. Ada beberapa aplikasi, khususnya pada PC, yang bisa digunakan untuk mengedit background foto agar terlihat lebih menarik. Berikut adalah aplikasi edit background foto PC yang mudah dipakai untuk mempercantik foto:

1. Shotwell

Shotwell adalah pada dasarnya dipakai untuk mengorganisisr foto. Melalui Shotwell, foto-foto dapat dikelompokkan, diberi judul, dan diberi label. Selain itu, Shotwell juga berguna untuk mengedit video dan foto dari kamera, hard disk, maupun memory card. Tak mengherankan, Shotwell dilengkapi beragam fitur yang sangat bermanfaat.

Shotwell akan berguna untuk meningkatkan kecerahan dan kontras serta mengatur warna foto. Selain itu, foto juga bisa dicrop untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan, diputar atau dibalik, ditegakkan, dan masih banyak lagi. Hasil editan akan bisa diprint, dipajang di banyak website, maupun dikirim ke orang lain.

2. Lightroom

Lightroom merupakan bagian dari Adobe Photoshop yang memang sudah terkenal mampu mengedit foto secara berkualitas. Namun, Lightroom lebih terjangkau dibanding aplikasi ternama namun mahal tersebut. Karena itulah, Lightroom dapat dipakai sebagai alternatif Adobe Photoshop karena mempunyai banyak fitur untuk mengedit latar foto.

REKOMENDASI »  Advance Server Free Fire Resmi Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Aplikasi ini menyediakan berbagai preset dan slider yang berfungsi untuk mengedit selain di PC, yaitu di web dan mobile. Preset yang dapat dipilih terdiri atas berbagai tema yang menarik, yaitu futuristik, vintage, dan portrait. Gambar hasil editan pun akan tampak beresolusi tinggi dan mudah dikelompokkan menjadi sebuah album berdasarkan tema gambar yang sama.

Bagi pengguna pemula, tak perlu ragu untuk mulai memanfaatkan Lightroom. Lightroom menyediakan tutorial interaktif untuk mempelajari skill editing. Tutorial tersebut tersedia di PC atau mobile, sehingga dapat langsung digunakan tanpa pengguna perlu keluar dari Lightroom.

3. Apowersoft Background Eraser

Apowersoft Background Eraser adalah aplikasi edit background foto PC yang menyajikan desain dan berbagai warna untuk dijadikan latar. Aplikasi ini dilengkapi banyak fitur. Dengan Artificial Intelligence yang dimilikinya, aplikasi ini dapat mengubah ukuran foto agar lebih pas, menambahkan tanda tangan pada foto, dan mengubah banyak latar foto sekaligus.

REKOMENDASI »  Cara Memperbaiki Memori HP yang Rusak dengan Mudah

Untuk memakainya, pengguna harus mengunduh dan menginstall aplikasi Apowersoft Background Eraser. Setelah aplikasi ini dibuka, akan muncul beberapa opsi yang harus dipilih sebagai mode untuk mengupload foto yang akan diedit.

Software ini kemudian akan bekerja otomatis untuk menghilangkan background foto. Lalu pilihlah opsi Color/Template/Image pada menu Change Background untuk mengubah latar foto. Gambar kemudian bisa disimpan pada PC dengan mengklik opsi Save. Background foto akan terlihat sudah bagus.

4. GIMP

GIMP adalah aplikasi yang baik sebagai sarana mengedit foto, termasuk backgroundnya. Terdapat berbagai jenis latar menarik yang tersedia, antara lain kategori Stone, Food, Animal, Fabric, dan lain-lain. Selain itu aplikasi ini dapat mengatur warna serta memperbaiki kualitas foto.

Cara penggunaan GIMP cukup mudah. Bukalah software ini, lalu pilih foto yang akan diedit dengan mengklik menu File lalu Open. Kemudian pilihlah opsi Magic Wand dari menu Tools. Kemudian beri highlight pada latar, dan otomatis latar akan teredit sesuai keinginan. Simpan hasil editan dengan mengklik File lalu Save. Editan gambar akan dapat diexport dalam format TIFF, GIF, PNG, dan JPEG.

REKOMENDASI »  Peretas menyerang pengembang Cyberpunk 2077 dan mengancam akan membocorkan data pemain

5. Inpixio

Inpixio adalah aplikasi edit background foto PC yang dipakai untuk memperindah latar foto. Salah satu fitur yang ada di aplikasi ini adalah Erase. Melalui fitur tersebut, pengguna akan bisa menghapus gambar-gambar yang tidak diinginkan. Selain itu, warna dan kerutan-kerutan pun dapat diedit agar foto terlihat mulus.

Pemakaian aplikasi ini sederhana. Hanya dengan mengklik foto, latar awal akan mudah terhapus dan diganti dengan yang lain. Gambar yang sudah terpotong juga bisa ditempelkan ke background lain sehingga terbentuk kolase. Selain itu, objek pada foto juga bisa diduplikasi.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dicoba agar gambar terlihat lebih menarik. Tentunya, hasil editan yang bagus dapat menambah kepercayaan diri pemilik foto untuk memamerkan fotonya. Tak hanya itu, skill editing juga akan terasah dengan menggunakan beragam aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *