Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Perbankan Internet (www.amanahgitha.com)
Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Perbankan Internet (www.amanahgitha.com)

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Perbankan Internet

Kelebihan dan kekurangan perbankan internet pasti mungkin akan terjadi. Jaman now sekarang sudah banyak orang yang memanfaatkan teknologi yang canggih untuk kepentingan kebutuhan sehari-hari.

Misalnya menggunakan smartphone canggih untuk berkomunikasi, dan untuk melakukan aktivitas kerja, belanja menggunakan perbankan. Hanya saja, bukan semua orang yang memanfaatkan perbankan internet ini, ada juga yang masih melakukan ke bank atau ATM untuk keperluan sehari-hari. Seperti melakukan transfer uang, tarik tunai, dan cek saldo.

Kelebihan dan Kekurangan Perbankan Internet

Sebelum menjelaskan lebih detail kelebihan dan kekurangan dari perbankan internet, artikel ini akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu Internet Banking atau perbankan internet?

Internet banking merupakan layanan online perbankan yang pengoperasiannya menggunakan teknologi canggih internet dengan tujuan untuk mempermudah melakukan transaksi perbankan semisal cek saldo, deposito, transfer uang, tagihan kartu kredit, listrik, dan tagihan air.

Untuk mengaksesnya kalian hanya perlu dengan menggunakan ponsel atau laptop. Layanan perbankan internet banking gratis dan tidak dipungut biaya apapun dan mudah banget digunakan. Kalian sebelum melakukan transaksi atau layanan untuk melakukan perbankan internet, kalian diharuskan untuk mendaftarnya terlebih dahulu.

REKOMENDASI »  5 Cara Beli Logam Mulia di Antam Secara Online

Lalu bagaimana caranya? Jangan khawatir sobat disini saya akan menjelaskan bagaimana tahap-tahap pendaftaran, mari kalian pahami dibawah ini:

Langkah untuk Daftar Perbankan Internet

  1. Masukan kartu debit kalain di mesin ATM lalu input pin kalain
  2. Bukalah menu pilihan internet banking lalu klik menu daftar e-banking, setelah itu klik internet banking
  3. Ketikan PIN BCA kalian dan ketik ulang PIN kalain lagi
  4. Tunggulah proses dan setelah itu ambil struk yang keluar, doi struck tersebut sudah disediakan userID kalian untuk login ke internet banking BCA

Kelebihan Perbankan Internet

Kelebihan dan kekurangan perbankan internet tentu berpengaruh pada pelanggan. Internet Banking memudahkan kalian melakukan semua transaksi dengan mudah dan cepat dimanapun kapanpun kalian berada. Pada zaman dahulu trasakaksiini dilakukan dengan penyetoran dan pengambilan uang secara biasa saja, yang melalui teller bank atau ATM.

  1. Praktis dan gratis tentunya. Kalian bisa menghemat waktu dan biaya tentunya dalam melakukan semua transaksi perbankan. Kalian tidak perlu mengeluarkan dana transportasi atau antri ke bank hanya karena semuanya bisa diakses dengan ponsel pribadi masing-masing.
  2. Nasabah bisa melakukan semua transaksi keuangan, dengan membuat dan mengatur kegiatan tau jadwal transaksi dalam satu waktu bersamaan
  3. Operasional bagi bank juga menghemat biaya, karena bank telah menerapkan sistem informasi dan mempunyai fitur internet banking yang pastinya akan menghemat dana operasional karena tidak perlu lagi membuka cabang.
  4. Kalian bisa melakukan berbagai jenis transaksi di bank seperti, transfer uang antar bank non-tunai, cek saldo dan mutasi rekening, membayar tagihan kartu kredit, membayar tagihan bulanan, bisa membeli pulsa listrik, dan kalian juga bisa membayar transaksi e-commerce
  5. Kalian juga bisa membuka rekening tabungan baru, membuka tabungan pendidikan, tabungan berjangka, membeli asuransi, dan membeli reksadana.
  6. Bisa juga mengajukan pinjaman KTA, KPR, KMG secara online dengan cepat dan mudah
  7. Kalian juga bisa mengecek nilai tukar mata uang
  8. Update berbagi program produk yang terkini dari BANK.
REKOMENDASI »  Apa Itu Server, Berikut Ini Penjelasan Lebih Detailnya

Kekurangan Perbankan Internet

Setelah mengetahui kelebihan perbankan internet, maka berikutnya akan menjelaskan kekurangannya. Mari pahami di bawah ini dengan cermat.

  1. Rawan terjadi pencurian data kalain pribadi. Apabila kalian sebagai nasabah dan sebagai pihak bank harus waspada dengan kejahatan cyber oleh para hacker.
  2. Rawan terjadinya kejahatan online yang berbau modus seperti skimming, phising, dan seterusnya
  3. Berisiko terkena serangan virus atau malware
  4. Ketidakbisaan mengakses e-banking saat berada di daerah terpencil atau koneksi jaringan yang rendah atau buruk.

Sekian ulasan artikel ini yang membahas tentang kelebihan dan kekurangan perbankan internet, semoga bermanfaat.

DAFTAR ISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *