Jenis-jenis Bank di Indonesia dan Fungsinya (pinterest.id)
Jenis-jenis Bank di Indonesia dan Fungsinya (pinterest.id)

Jenis-jenis Bank di Indonesia dan Fungsinya

Jenis-jenis bank di Indonesia cukup bervariasi. Semua memiliki fungsi masing-masing dalam memenuhi kebutuhan semua rakyat. Pada dasarnya bank merupakan lembaga intermediasi keuangan yang menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan uang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-jenis Bank di Indonesia

Ada berbagai jenis bank yang bisa Anda jumpai di Indonesia. Berikut adalah penjelasan yang wajib Anda pahami.

Bank Perkreditan Rakyat

Jenis yang pertama adalah Bank Perkreditan Rakyat. Dalam hal ini bertanggung jawab terhadap kegiatan usaha dengan konvensional atau berdasar prinsip syariah. Dalam kegiatan ini tidak memberi jasa dalam lalu lintas pembayarannya.

Pasalnya BPR dilarang untuk menerima simpanan giro, kegiatan valas, dan perasuransian. Tugas dari bank ini menghimpun dana dari masyarakat, memberikan kredit, dan menyediakan pembiayaan serta penempatan dana dalam bentuk sertifikat Bank Indonesia.

Bank Sentral

Kemudian ada bank sentral negara yang merupakan instansi dan bertanggung jawab atas kebijakan moneter wilayah tersebut. Fungsi dari bank ini menjaga stabilitas nilai mata uang, sektor perbankan, dan sistem finansial secara keseluruhan.

REKOMENDASI »  Ketahui 6 Konsep Jualan Pakai Mobil yang Menarik dan Menguntungkan

Fungsi bank sentral di Indonesia adalah tanggung jawab dari BI. Tentunya bank sentral memiliki tujuan tunggal untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Bahkan bank ini memiliki tiga pilar yang menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter.

Bank Umum

Jenis-jenis bank selanjutnya adalah bank umum yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan berdasarkan prinsip syariah. Fungsi dari bank ini juga menyediakan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Adapun tugas dari bank tersebut adalah:

  • Menghimpun dana dari warga dalam bentuk simpanan.
  • Salurkan dana pada masyarakat dalam wujud pinjaman.
  • Menerbitkan uang lewat pembayaran kredit serta investasi.
  • Menawarkan jasa-jasa keuangan misal kartu kredit, cek perjalanan, transfer uang antar bank, ATM dan lain sebagainya.
  • Menyediakan fasilitas dalam perdagangan antar negara ataupun internasional.
  • Melayani penyimpanan benda berharga
REKOMENDASI »  Daftar Manajer Investasi Reksadana Terbaik 2021 yang Bisa Jadi Pilihan

Selanjutnya ada jenis bank berdasarkan kepemilikannya, sebagai berikut:

Bank Campuran

Kemudian ada jenis bank campuran yang kepemilikan saham bercampur antara pihak asing serta pihak swasta nasional. Biasanya sebagian besar juga dipegang oleh warga negara Indonesia. Tapi, sebagian lagi merupakan kepemilikan pihak asing.

Bank Asing

Ada juga bank asing yang merupakan sebuah cabang dari bank luar negeri. Biasanya kepemilikan dari bank ini adalah swasta asing atau pemerintahan negara asing. Contoh dari bank ini adalah, Citibank, Deutsche Bank, HSBC, The Bank of Tokyo-Mitsubishi, dan lain sebagainya.

Bank Pemerintah

Jenis-jenis bank di Indonesia memang cukup bervariasi. Ada bank pemerintah yang sebagian atau seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Contoh dari bank ini adalah Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, dan lain sebagainya.

Bank Koperasi

Selanjutnya ada bank koperasi yang kepemilikannya adalah perusahaan berbadan hukum koperasi. Bank tersebut bisa menerapkan asas-asas dan prinsip koperasi seperti pada umumnya. Contoh dari bank ini adalah Bank Umum Koperasi Indonesia.

REKOMENDASI »  Daftar Produk Reksa Dana Manulife yang Bisa Dipilih

Bank Swasta Nasional

Bank swasta adalah bank yang kepemilikannya oleh swasta nasional dan akta pendirinya juga oleh swasta. Bahkan pembagian dari keuntungannya juga untuk swasta Nasional. Untuk bank swasta ini ada dua macam, yaitu swasta nasional devisa dan bank swasta nasional nondevisa.

Contoh dari bank ini adalah bank swasta nasional bank muamalat, bank duta, bank nusa internasional, bank niaga, bank universal, dan bank mega.

Itulah beberapa jenis-jenis bank yang bisa Anda jumpai. Mulailah menabung agar mendapatkan kejayaan di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *