Cara Membaca Grafik Saham Harus Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi (investasi.online)
Cara Membaca Grafik Saham Harus Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi (investasi.online)

Cara Membaca Grafik Saham Harus Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi

Cara membaca grafik saham merupakan hal yang harus Anda ketahui ketika sudah memutuskan untuk investasi. Semakin hari dunia investasi sudah semakin menjadi-jadi. Pasalnya banyak orang yang memilih untuk mempunyai investasi saham karena mendapatkan banyak keuntungan.

Grafik sendiri merupakan suatu perangkat yang sangat penting untuk trader serta investor saham. Tujuannya adalah untuk membantu mereka menganalisis. Perlu Anda ketahui juga bahwa grafik yang biasanya digunakan dalam pasar finansial terdapat tiga jenis, yakni Bar Chart, Line Chart serta Candle Chart.

Grafik juga memungkinkan Anda untuk mengetahui bagaimana kondisi pasar sekarang. Tak hanya itu saja, Akan tetapi Anda juga bisa memprediksi perubahan harga saham untuk masa depan. Pasalnya grafik dari saham tersebut juga memprediksikan pergerakan harga dalam kurun waktu tertentu.

Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai bagaimana cara yang sebenarnya untuk membaca grafik saham, alangkah lebih baiknya apabila menyimak penjelasan berikut ini.

Cara Membaca Grafik Saham yang Baik dan Benar

Umumnya, cara untuk membaca grafik saham dilakukan hanya butuh memperhatikan arah pergerakan naik atau turun harganya saja.

REKOMENDASI »  Ketahuilah Manfaat Saham Treasury yang Memberikan Keuntungan

Bahkan hal tersebut merupakan salah satu cara yang sudah dilakukan oleh banyak orang. Padahal, terdapat beberapa hal yang lebih penting untuk Anda perhatikan. Salah satunya adalah time frame.

Membaca Grafik Candlestick

Seperti penjelasan pada bagian awal bahwasanya grafik saham sendiri terdapat berbagai jenis. Salah satunya adalah grafik saham candlestick. Candlestick sendiri merupakan grafik yang paling populer dan lebih digemari investor maupun trader.

Mengapa demikian? Karena grafik yang satu ini bukan hanya bisa memberikan informasi lebih banyak. Akan tetapi juga tampilan visual grafik yang sangat atraktif.

Grafik saham sendiri merupakan sekumpulan candlestick saat time frame. Oleh sebab itu juga, candlestick menjadi salah satu cara membaca grafik saham yang paling sesuai. Selain mempunyai grafik sangat informatif, pola yang terdapat dalam grafik ini memungkinkan Anda untuk menerima sinyal berkaitan dengan harga saham tersebut.

Membaca Time Frame

Cara membaca grafik saham yang paling utama adalah membaca time frame atau jangka waktu. Dengan melalui time frame ini Anda juga bisa mempresentasikan lamanya waktu history pergerakan harga yang Anda pantau.

REKOMENDASI »  Cara Melakukan Investasi dengan Beberapa Langkah, Pemula Wajib Tahu!

Jenis yang satu ini juga digunakan oleh beberapa investor saham. Grafik ini juga terdapat 3 jenis, satu bulan, satu minggu atau setiap hari. Grafik yang satu ini juga penting untuk menentukan trend, sinyal-sinyal serta titik-titik support resistance sebuah chart.

Perlu Anda catat bahwasanya time frame yang lebih panjang, adalah yang lebih jelas untuk melihat pola grafik yang terbentuk. Dengan demikian, Anda juga harus memahami terlebih dahulu konsep dari time frame beserta jenis tempo yang Anda gunakan saat membaca grafik.

Tren Harga dalam Grafik

Untuk cara membaca grafik saham yang selanjutnya yakni membaca tren sebuah grafik saham. Oh iya, dalam tren harga saham ini terdapat tiga jenis, yakni jenis bearish atau trend turun, bullish atau trend yang naik serta side west atau tren menyamping.

Anda bisa mengetahui trend saham dengan cara melihat beberapa analisa serta menggunakan Moving Average sebagai salah satu indikator bantuan. Dengan melihat analisa-analisa tersebut, secara tidak langsung Anda juga sedang menentukan pergerakan trend serta bagaimana potensi menuju arah yang berikutnya.

REKOMENDASI »  Saham Lo Kheng Hong Dengan Tiga Saham yang Super Besar

Momentum Pergerakan Harga

Selanjutnya adalah cara membaca grafik saham dengan momentum pergerakan harga. Momentum dalam grafik saham mempunyai kaitan dengan sinyal trading, yaitu momentum kapan anda menjual serta membeli. Membantu pergerakan harga saham bisa Anda lihat pada ukuran body candle dalam waktu tertentu

Apabila ukurannya semakin besar maka momentum pergerakan harga saham tersebut juga lebih kuat. Bukan hanya itu saja, Apabila Anda ingin lebih Dini dalam mengetahui sinyal perubahan trend, pastinya Anda juga harus mempelajari berbagai jenis pola-pola candlestick.

Perlu Anda ingat bahwasannya membentuk pola merupakan bagian penting. Alasannya adalah Anda bisa melihat pergerakan trend serta melihat mengenai bagaimana candle itu bisa terbentuk.

Teruntuk pemula, penengah serta yang sudah ahli dalam bermain saham, tidak ada salahnya apabila Anda mengetahui bagaimana cara membaca grafik saham seperti penjelasan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *