Simak Inilah Cara Menarik Uang di ATM (pexels.com)
Simak Inilah Cara Menarik Uang di ATM (pexels.com)

Simak! Inilah Cara Menarik Uang di ATM

Berkembangnya teknologi digital memudahkan seseorang untuk bertransaksi. Salah satunya dari keberadaan ATM yang kini menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Cara menarik uang di ATM sangatlah mudah.

Hampir semua bank memiliki atm dengan langkah yang tidak jauh berbeda. Keberadaan ATM menjadi salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak perbankan. Tujuannya untuk menyimpan dan melakukan tarik tunai.

Begini Cara Menarik Uang di ATM

Mungkin sebagian pengguna ATM sudah mengerti cara untuk mengambil uang. Hanya saja pengguna baru masih banyak yang kesulitan untuk menggunakan mesin ATM. Walaupun terdiri dari banyak bank tetapi pengoperasian mesin ATM kurang lebih sama.

Perhatikan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengambil uang di ATM.

Proses Penarikan

  • Langkah pertama adalah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Pastikan posisi ATM tidak terbaik agar proses berikutnya bisa berlangsung. Anda bisa memperhatikan posisi tersebut melalui petunjuk yang terletak di bagian mesin.
  • Berikutnya Anda bisa menunggu beberapa saat dan memilih bahasa yang digunakan untuk mengambil uang.
  • Setelah itu akan muncul aturan atau tips aman saat bertransaksi menggunakan ATM. Anda klik Lanjutkan.
  • Jika sudah masuk ke bagian selanjutnya maka harus memasukkan pin ATM milik Anda. Ingat bahwa pin tersebut berjumlah 6 digit. Jika penulisan pin salah sebanyak 3 kali maka kartu ATM akan terblokir secara otomatis.
  • Cara menarik uang di ATM selanjutnya dengan memilih nominal atau mengetikkan nominal sesuai dengan kebutuhan.
  • Kemudian konfirmasi pilihan nominal tersebut dan tekan “Benar”. Jika salah maka Anda bisa mengetik “Salah” dan mengulang pemilihan jumlah penarikan.
  • Apabila transaksi yang Anda lakukan sudah berhasil maka uang akan langsung keluar.
  • Kemudian ambil uang dan kartu ATM. Tidak lupa Anda bisa mengambil struk dari proses transaksi jika tersedia. Mengingat ada beberapa ATM yang tidak menyertakan hal tersebut.
  • Jika transaksi sudah selesai maka Anda bisa memilih opsi Tidak atau keluar.
REKOMENDASI »  Mengenal Perusahaan Sekuritas Dengan Sekuritas Terbaiknya

Tips Mengambil Uang di ATM

Sebelum melakukan pengambilan uang, ada baiknya Anda memperhatikan mesin ATM tersebut aman atau tidak. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda saat akan bertransaksi menggunakan ATM.

Temukan Mesin ATM yang Aman

Setelah mengetahui cara menarik uang di ATM Anda wajib menemukan mesin yang terdekat dan aman. Akan lebih baik jika pengguna memanfaatkan mesin yang dekat dengan kantor cabang. Sehingga keamanan lebih terjamin karena terpantau oleh CCTV.

Segala tindakan direkam untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan. Mengingat bahwa orang yang tidak bertanggung jawab akan menghalalkan segala cara demi mendapat sebuah keuntungan. Dengan begitu keamanan akan lebih terjamin dalam sgala hal.

REKOMENDASI »  Casio meluncurkan jam tangan pintar G-Shock pertamanya

Mematuhi Aturan yang Tersedia

Setiap ATM Pasti memiliki aturan masing-masing bagi para pengguna. Dalam hal ini termasuk tidak boleh menggunakan helm, kacamata hitam, dan lain sebagainya. Pasalnya keadaan tersebut sering berhubungan dengan pengguna yang mencurigakan.

Jangan Langsung Meninggalkan ATM

Akan lebih baik Anda harus melakukan pengecekan sebelum meninggalkan mesin ATM. Pastikan bahwa kartu sudah masuk ke dalam dompet. Tidak lupa Anda juga harus memastikan jumlah penarikan uang.

Terkadang hal sepele bisa menimbulkan sesuatu yang rumit. Anda harus berhati-hati saat meninggalkan mesin ATM. Jika kartu hilang maka Anda harus mengurusnya ke pihak bank.

Jika Anda mencetak sebuah resi usahakan tidak membuangnya di sembarang tempat. Apabila terjadi penyalahgunaan nama Anda bisa tertimpa masalah. Inilah hal penting Anda memahami cara menarik uang di ATM yang sangat mudah.

REKOMENDASI »  5 Cara Membuat Follower Instagram Banyak dengan Mudah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *