Definisi Akuntansi Perbankan yang Wajib Diketahui (www.training-sdm.com)
Definisi Akuntansi Perbankan yang Wajib Diketahui (www.training-sdm.com)

Definisi Akuntansi Perbankan yang Wajib Diketahui

Akuntansi perbankan mungkin bukan hal yang asing bagi seorang mahasiswa. Karena mereka yang mengambil jurusan tersebut sudah mempelajarinya. Akan tetapi bagi semua orang yang belum tahu itu apa perbankan, akuntansi, dan lainnya, mungkin agak sulit untuk menjelaskannya. Di artikel ini akan saya jelaskan apa itu akuntansi, prinsip, dan manfaatnya agar kalian paham.

Apa Itu Akuntansi Perbankan?

Akuntansi bank dan akuntansi tentunya memiliki arti dan makna yang berbeda. Sebelum menjelaskan lebih detail tentang akuntansi bank, saya akan menjelaskan apa itu akuntansi? Akuntansi adalah kegiatan yang mencatat dan menganalisis laporan keuangan dan transaksi keuangan.

Akuntansi bank dan akuntansi perusahaan keduanya juga mempunyai persamaan. Terus apa yang dimaksud dengan akuntansi bank? Akuntansi bank adalah kegiatan yang mencatat dan menganalisa laporan transaksi keuangan yang sudah disediakan di sebuah bank.

Pengertian tersebut harus kalian bedakan karena arus keluar dan masuk dengan perbankan perusahaan sangat berbeda. Karena format laporan transaksinya juga berbeda tentunya, karena transaksi bank sudah diperintah oleh PAPI. Catatan transaksi keuangan perbankan bisa kelain sebut dengan akuntansi perbankan.

REKOMENDASI »  Catat, Ini Cara Membeli Saham Telkomsel sebagai Pilihan Investasi Masa Depan

Prinsip Akuntansi Perbankan

Prinsip akuntansi bank ada dua macam prinsip, disini saya akan menjelaskan dan menyebutkan apa saja prinsip dari akuntansi bank? Berikut ini prinsip-prinsip akuntansi bank:

Pencatatan Biaya Berbasis Akrual

Prinsip akuntansi bank yang pertama adalah pencatatn biaya berbasis akrual. Prinsip tersebut artinya terjadinya transaksi setiap hari di bank, yang membutuhkan biaya dana terbesar di bank.

Besar kecilnya dana yang ditentukan untuk menggunakan dana tersebut sebagai tingkat bunga yang berlaku. Selain dari biaya dana, terdapat juga hal yang lain semisal prepaid expense dan deffered changes. Keduanya dapat kalian golongkan dalam pembiayaan operasional perusahaan. Karena itu pencatatan sistem akuntansi menggunakan sistem akrual.

Penggunaan software akuntansi online berfungsi untuk memudahkan untuk mengelola laporan keuangan bisnis. Kalian dapat menggunakan software ini jika perusahaan sedang mengalami kesulitan untuk mewujudkan akuntansi bank.

REKOMENDASI »  Daftar Manajer Investasi Reksadana Terbaik 2021 yang Bisa Jadi Pilihan

Perkembangan teknologi yang semakin canggih bisa kalian manfaatkan untuk memperbaiki kesalahan perusahaan, banyaknya peluncuran software akuntansi online yang semakin mempermudah solusi cepat mudah kalian.

Pencatatan Pendapatan Berbasis Cash

Prinsip akuntansi perbankan yang kedua adalah pencatatan pendapatan berbasis cash. Seagaia pendapat biasanya diambil dari kredit atau bank. Namun biasanya nominalnya diatur oleh lamanya kredit yang kalian gunakan. Untuk melakukan pencatatan transaksi kredit, bank tidak menerapkan prinsip akuntansi yang basinya akrual.

Karena akan menampung risiko yang besar, oleh sebab itu munculnya prinsip pencatatan pendapatan yang secara cash. Jenis prinsip ini komisi tidak mencatat apabila belum menerima bentuk yang tunai. Berarti komisi menganggap pendapatan bank masih sebagai tagihan.

Manfaat Akuntansi Perbankan

Definisi akuntansi bank yang selanjutnya adalah manfaat akuntansi bank. Selain mempunyai dua prinsip akuntansi bank juga mempunyai banyak manfaat yaitu sebagai berikut:

Menyajikan Informasi Keuangan

Manfaat akuntansi bank yang utama adalah sebagai penyajian informasi keuangan. Manfaat ini akan menjadi solusi atau gambaran finansial yang kuat pada bank. Informasi keuangan juga dibutuhkan yang berkaitan dengan audit keuangan perbankan.

REKOMENDASI »  Kantor Grabcar Terdekat Menjadi Sarana Transportasi yang Mudah

Sebagai Data untuk Memperoleh Keputusan

Kegiatan di akuntansi bank harus diadakan setiap bank. Akuntansi bank yang dijalankan oleh bank agar bisa mendapatkan data sebagai sarana untuk membuat berbagai keputusan dan kebijakan yang ada.

Mempermudah Proses Evaluasi Moneter

Manfaat akuntansi bank yang berikutnya adalah untuk mempermudah prosesnya evaluasi moneter. Proses evaluasi moneter sangat penting dilakukan dan diadakan.

Mencegah Bank dari Pailit

Manfaat akuntansi bank yang terakhir yaitu mencegah bank dari kepailitan, sebab kondisi atau keadaan keuangan yang diketahui dari awal hingga langkahnya kebijakan juga bisa diambil dengan cepat sebelum kolaps. Sekian ulasan tentang definisi akuntansi perbankan yang wajib kalian ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *