Begini Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang, Mudah dan Lebih Cepat (investopedia.com)
Begini Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang, Mudah dan Lebih Cepat (investopedia.com)

Begini Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang, Mudah dan Lebih Cepat

Apakah Anda tahu bahwa buku tabungan ternyata memiliki masanya atau batasan waktunya? Pasalnya apabila lebarannya sudah habis, maka perlu diganti. Terlebih jika lupa menaruh, maka cara mengurus buku tabungan hilang adalah hal yang harus Anda perhatikan.

Karena jika tidak segera diurus, maka kemungkinan besar akan mendatangkan hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui bagaimana caranya agar buku tabungan bisa kembali lagi yang baru.

Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang, Ikuti Tutorial Berikut Ini

Jika Anda adalah salah satu pemilik rekening di perusahaan perbankan, maka pasti akan mendapat fasilitas bernama buku tabungan. Selain itu, Anda pasti juga akan mendapatkan berupa kartu ATM yang biasanya membuat buku tabungan selalu dianggap remeh begitu saja.

Karena kebanyakan orang memilih kartu ATM, sehingga mereka tak sadar bahwa buku tabungan adalah barang yang juga cukup penting. Seiring dengan berjalannya waktu, tanpa sadar mereka justru malah kehilangan buku tabungan tersebut.

REKOMENDASI »  5 Langkah Efektif Memulai Bisnis Kopi Kekinian

Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang kehilangan buku tabungan, maka harus segera mengurusnya supaya tidak terjadi hal-hal buruk. Lalu bagaimana caranya? Tenang, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Hubungi CS Bank

Cara mengurus buku tabungan hilang yang pertama adalah Anda harus segera menghubungi customer service bank terdekat. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi jika terjadi kejahatan misalnya seperti penyalahgunaan buku tabungan oleh orang lain.

Biasanya pada proses ini, pihak customer service nanti akan memblokir akun rekening tabungan Anda, namun hanya untuk sementara saja. Karena jika tidak, maka akses transaksi bisa dilakukan oleh orang lain yang tidak dikenal.

Sementara untuk melakukan proses pemblokiran tersebut, nanti Anda juga akan diminta untuk melengkapi data pribadi untuk verifikasikannya. Misalnya seperti nama, lengkap, alamat, nomor KTP sampai nomor rekening tabungan milik Anda.

REKOMENDASI »  Inilah Cara Menarik Kembali Uang yang Telah Ditransfer Bank Mandiri Akurat

Urus Surat Kehilangan

Cara mengurus buku tabungan hilang selanjutnya adalah dengan mengurus surat kehilangan sebagai salah satu syarat utama dan bukti kehilangan. jadi surat kehilangan tersebut merupakan syarat yang sangat dibutuhkan agar Anda bisa mendapat surat tersebut di kantor polisi.

Artinya, Anda harus mendatangi kantor polisi dahulu dan menceritakan semua permasalahan terkait kehilangan buku tabungan. Sehingga nantinya pihak kepolisian akan langsung mengurus surat untuk diberikan kepada Anda.

Sehingga jika Anda sedang berada di luar domisili jangan ragu juga untuk mengajukan surat kehilangan buku tabungan tersebut. Nah, setelah pelaporan terkait kehilangan semua sudah lengkap, langkah selanjutnya pihak polisi akan langsung mengeluarkan dan memberi surat kehilangan kepada Anda.

Datang ke Petugas Customer Service

Cara mengurus buku tabungan hilang selanjutnya adalah dengan mendatangi petugas customer service apabila semua persyaratan sudah lengkap. Jadi, bisa langsung datang ke kantor bank terdekat dan ambil nomor antrian sampai pihak CS memanggil nomor antrian Anda.

REKOMENDASI »  Jadwal perdagangan saham

Nantinya, Anda akan dimintai berupa surat keterangan telah terjadinya kehilangan buku tabungan tersebut. Selain itu, petugas juga akan meminta Anda agar memberi dokumen persyaratan lain yang sudah disiapkan sebelumnya.

Selanjutnya, Anda harus mengisi formulir penerbitan buku tabungan dan jangan lupa untuk menandatangani diatas materai 6000. Jika sudah, kembali berikan kepada pihak petugas, dan nanti mereka akan langsung memproses permintaan Anda.

Sebenarnya cara mengurus buku tabungan hilang itu sangat mudah, asalkan Anda tahu bagaimana teknik yang bisa untuk dilakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *