Sumber Pendapatan Bank Mendukung Kelancaran Kegiatan Utamanya (daedi.com)
Sumber Pendapatan Bank Mendukung Kelancaran Kegiatan Utamanya (daedi.com)

Sumber Pendapatan Bank Mendukung Kelancaran Kegiatan Utamanya

Sumber pendapatan bank diperoleh dengan berbagai macam hal. Sumber dana bank merupakan usaha-usaha yang dilakukan oleh bank. Hal itu untuk mendapatkan dana yang akan menunjang kegiatan operasional sehari-harinya. Kemampuan bank dalam memperoleh sumber dananya, sebenarnya berpengaruh pada stabilitas keuangan dari bank tersebut.

Hal itu yang sering kali menjadikan bank yang gagal dalam mengatur keuangannya. Pada  akhirnya bank terpaksa dilikuidasi atau mengalami kebangkrutan.  Sehingga pihak bank perlu agar terlebih dahulu menghimpun dana yang cukup besar. Nantinya agar dapat menarik nasabah, memberikan pinjaman, serta produk jasa lainnya. Bahkan pihak bank dapat mengambil keuntungan dari selisih bunga yang diperoleh dari setiap produknya tersebut.

Inilah Beberapa Sumber Pendapatan Bank

Sumber dana bank ini memang memiliki pengaruh penting bagi bank. Berikut ini beberapa pendapatan yang diperoleh bank yang perlu Anda ketahui.

Pendapatan Bunga

Pendapatan bunga diperoleh dari setiap nasabah yang meminjam dananya dalam bentuk kredit. Mengenai jumlah pendapatan bunga ini tergantung dari besarnya kredit yang diberikan. Selain itu mengenai tingkat suku bunga yang ditentukan pihak bank. Setiap bank memberikan kebijakan suku bunga yang berbeda. Hal itu yang disesuaikan dengan beban dana (cost of fund), strategi, serta persaingan yang dihadapinya.

REKOMENDASI »  Cara Menggunakan Mobile Banking BCA, Mulai dari Daftar Hingga Aktivasi

Bank biasanya memiliki kebijakan tingkat suku bunga yang berbeda. Terutama untuk jenis kredit atau segmen nasabah yang berbeda. Bagi nasabah perorangan, kartu kredit, serta kredit konsumsi tanpa agunan memperoleh suku bunga yang lebih tinggi oleh bank. Sedangkan kredit kepemilikan rumah (KPR) atau kredit kepemilikan kendaraan memperoleh jaminan dengan aset yang dibeli. Hal itu yang dibebankan suku bunga lebih rendah daripada kredit tanpa jaminan.

Keuntungan dari Transaksi Spot dan Derivatif

Sumber pendapatan bank lainnya dari kegiatan bank-bank devisa dengan bisnis. Selain itu operasionalnya yang lebih kompleks tidak hanya terbatas pada penghimpunan serta penyaluran dananya. Namun juga meliputi perdagangan instrumen keuangan yang diperbolehkan sesuai aturannya.

REKOMENDASI »  Fixed Rate Obligasi Dan Variable Rite Obligasi dalam dunia Investasi

Seperti halnya surat utang (obligasi), valuta asing (foreign exchange), atau instrumen derivatif. Tentunya yang ditujukan untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan dari transaksi spot dan derivatif yaitu keuntungan yang diperoleh dari kegiatan perdagangan instrumen keuangannya.

Fee Based Income (FBI)

FBI merupakan pendapatan yang diperoleh dari pembebanan biayanya atas jasa yang diberikan bank. Seperti halnya mengenai biaya administrasi bulanan yang dikenakan kepada rekening tabungan. Bahkan pada kartu debit serta biaya tahunan (annual fee) kartu kredit.

Dividen

Dividen merupakan pendapatan bank yang diperoleh dari setoran dividen perusahaan. Tentunya yang sebagian sahamnya dimiliki oleh bank, namun laporan keuangannya tidak terkonsolidasi. Hal ini juga termasuk dalam sumber pendapatan bank lainnya.

Pendapatan Lain

Pendapatan lainnya yang menjadi pendapatan bank sebenarnya cukup banyak. Seperti halnya pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan aset tetap. Selain itu pendapatan sewa gedung atau eksekusi agunan nasabah yang telah dimiliki pihak bank. Pendapatan lainnya juga dari anak usaha Bank, tentunya yang terdapat di luar bisnis Bank. Hal ini biasanya digolongkan sebagai pendapatan lain-lain.

REKOMENDASI »  Masih Bingung Pilih Investasi Apa? Ketahui 5 Urutan Logam Mulia Termahal Ini

Apabila meningkatnya literasi masyarakat akan aktivitas investasinya, maka meningkat pula peminat produk investasi di pasaran saat ini. Tidak hanya berdiam diri saja, bank juga turut serta menjadi agen penjual produk keuangannya. Hal itu yang juga memberikan keuntungan bagi pihak bank.

Banyaknya sumber pendapatan bank tersebut, bank perlu untuk mengelolanya dengan baik. Apabila tidak mengatur keuangannya, pada akhirnya bank akan mengalami kebangkrutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *