Cara Melihat Net Buy Asing dan Net Sell Saham (pixabay)
Cara Melihat Net Buy Asing dan Net Sell Saham (pixabay)

Cara Melihat Net Buy Asing dan Net Sell Saham

Cara melihat net buy asing merupakan salah satu cara dan patokan yang kerap digunakan oleh para analis, broker, maupun trader saham dalam melihat kekuatan buy dan sell suatu trading saham.

Net buy dan net sell saham asing lebih sering dipelajari karena kebanyakan saham-saham yang bagus, likuiditas tinggi, dan memiliki kinerja yang bagus mayoritas banyak ditradingkan oleh sekuritas luar negeri (asing).

Cara Melihat Net Buy Asing Dengan Akurat

Sebelum terjun jauh ke dalam dunia pasar saham, penting bagi Anda untuk mengenali berbagai istilah dan tips yang diperlukan untuk melakukan aktivitas jual-beli di pasar modal tersebut. Simak cara melihat net buy asing berikut untuk mengawali dengan baik kagiatan trading Anda.

Pahami Definisi Net Buy dan Net Sell

Net buy dan net sell adalah dua istilah yang sering Anda dengar di dalam dunia trading saham. Sederhananya, net buy adalah pembelian bersih, sedang net sell merupakan penjualan bersih yang dilakukan oleh seorang investor atau trader.

REKOMENDASI »  Pembagian Dividen dapat Dipengaruhi Beberapa Hal

Investor asing masih mendominasi pasar modal di Indonesia, menyebabkan kinerja pasar modal di dalam negeri cenderung fluktuatif. Hal ini mengikuti flow saham asing yang pada umumnya bersifat dinamis dan berjangka pendek, yang menjadikan mudah keluar masuk pasar trading saham dalam negeri.

Dalam sebuah pasar saham, terdapat dua pelaku investasi, yaitu investor lokal dan investor asing. Investor asing dalam pasar modal ini adalah investor perorangan yang bukan merupakan Warga Negara Indonesia, atau institusi dari luar negeri. Sebaliknya, investor lokal merupakan investor yang berasal dari dalam negeri (Indonesia).

Biasanya saat investor asing memiliki prediksi bahwa kondisi pasar membaik, maka para investor ini akan segera membeli yang berujung pada harga saham naik. Begitu sebaliknya. Ini adalah salah satu penjelasan singkat tentang cara melihat net buy asing yang sering terjadi di pasar modal.

REKOMENDASI »  Cara Membaca Grafik Saham Harus Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi

Untuk mengukur keyakinan para penanam modal terhadap pasar yaitu dengan melihat besar angka net buy dan net sell. Terutama yang biasa dilakukan oleh para penanam modal asing, meskipun kini sudah banyak kepemilikan saham oleh investor lokal. Namun jumlah penanam modal asing memang terhitung masih lebih banyak.

Angka net buy dan angka net sell ini dapat dilihat berdasarkan jumlah transaksi antara para investor lokal dengan para penanam modal asing. Jadi, dapat disimpulkan bahwa net buy merupakan kondisi saat transaksi beli lebih besar dibandingkan dengan jumlah transaksi jual. Sebaliknya, net sell adalah kondisi ketika jumlah transaksi jual melebihi jumlah transaksi beli.

Gunakan Aplikasi Atau Situs Pihak Ketiga

Dalam menganalisa tingkat net buy asing maupun net sell asing, coba gunakan software atau website yang memang didesain untuk memonitor net sell dan net buy yang terjadi di dalam pasar modal.

REKOMENDASI »  Indeks LQ45: Pengertian, Tujuan, Kriteria dan Daftar Emiten

Dengan mengakses penyedia layanan monitoring net sell dan net buy ini, memungkinkan Anda mengetahui peringkat saham yang paling banyak dibeli serta saham yang paling banyak dijual oleh investor asing maupun lokal.

Setelah mengetahui kondisi net sell dan net buy di atas, maka seorang investor dapat memetakan saham yang memiliki peluang besar untuk rebound, ataupun saham yang berpotensi mengalami penurunan sekalipun.

Sederhananya, dengan memahami kondisi ini, investor mampu memprediksi secara akurat tentang kondisi apa yang akan datang di kancah pasar modal.

Memahami cara melihat net buy asing jelas merupakan sebuah fondasi yang perlu dipelajari oleh seorang trader. Sehingga seorang investor tidak akan salah langkah dalam membeli atau menjual sahamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *