cara mengatasi instagram error di android

Cara Mengatasi Instagram Error di Android dengan Mudah dan Cepat

Bagi pengguna akun media sosial seperti instagram, kadangkala terjadi error pada aplikasi. Tetapi, bagaimana cara mengatasi instagram error di android yang sering terjadi? Berikut ini akan dipaparkan mengenai cara-caranya. Terdapat lima cara yang dapat dilakukan oleh pengguna instagram agar tidak terjadi error lagi.

1. Mengaktifkan Ulang Handphone

Cara pertama yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan adalah dengan cara restart. Dengan mengaktifkan kembali perangkat handphone, maka semua sistem dan aplikasi yang sedang berjalan akan berhenti dan dimulai kembali dari awal. Cara ini juga berfungsi untuk menyegarkan perangkat handphone dari aktivitas yang berlebihan yang menimbulkan error pada aplikasi instagram.

Setiap perangkat memiliki cara sendiri untuk melakukan restart. Namun, yang paling biasa dilakukan yaitu dengan menekan tombol power pada handphone selama tiga detik, kemudian handphone akan bergetar sejenak dan aktif kembali. Sebaiknya restart perangkat handphone tidak dilakukan terlalu sering karena dikhawatirkan akan berdampak buruk pada handphone.

2. Melakukan Upgrade Aplikasi

Cara yang kedua yaitu dengan melakukan upgrade aplikasi. Biasanya setiap rentang waktu tertentu, aplikasi akan melakukan upgrade secara otomatis. Tetapi, ada juga yang perlu di-upgrade manual oleh penggunanya. Apabila terjadi error pada aplikasi instagram, khususnya bagi pengguna android, maka perlu dilakukan upgrade.

Proses pembaharuan aplikasi berguna sebagai peningkatan kinerja aplikasi serta beberapa fitur terbarunya. Caranya cukup mudah, yaitu buka playstore, lalu cari aplikasi Instagram dan klik “update”. Proses pembaharuan berlangsung beberapa menit saja apabila koneksi internet sedang bagus.

REKOMENDASI »  Mi Gaming Display diluncurkan di Indonesia dengan layar lengkung 34 inci

3. Memasang Ulang Aplikasi

Cara mengatasi instagram error di android selanjutnya adalah dengan memasang ulang aplikasi instagram. Apabila sudah melakukan upgrade tetapi masih juga error, cobalah untuk meng-install ulang aplikasi melalui playstore. Caranya yaitu hapus Instagram lalu unduh kembali. Proses ini berlangsung cukup cepat dan tidak membutuhkan waktu lama.

Meskipun cara ini akan menghapus data-data, akan tetapi pengguna masih bisa masuk ke dalam akun instagram pribadinya. Tidak perlu khawatir juga karena biasanya instagram bisa menyimpan recent account pada halaman utama. Tentu hal tersebut dapat mempermudah penggunanya untuk login kembali. Sudah mencoba cara ini?

4. Membersihkan Cache dan Data

Apabila memori handphone cukup besar, menghapus cache dan data-data mungkin tidak akan menimbulkan masalah.Tetapi jika memori handphone tidak cukup besar atau kecil, bisa jadi akan menjadi suatu masalah. Namun membersihkan cache dan data-data sampah lainnya bisa membantu mengatasi error pada instagram.

REKOMENDASI »  Rekomendasi Aplikasi Editor Terbaik, Sajikan Hasil Aesthetic

Caranya masuk ke “setting”, lalu cari “app”. Carilah aplikasi instagram dan masuklah ke pengaturan aplikasi instagram. Disana terdapat beberapa menu termasuk menghapus cache dan data instagram lainnya. Pengguna handphone bisa menghapus cache atau data tersebut untuk menyegarkan kembali aplikasi.

5. Memeriksa Status Aplikasi

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa status aplikasi. Kemungkinan error tidak hanya terjadi pada perangkat handphone pribadi saja, melainkan juga ada kemungkinan dari pihak instagramnya. Untuk mengetahui status aplikasi, pengguna cukup masuk ke situs Down Detector. Disana pengguna dapat mengecek adanya gangguan pada aplikasi instagram atau tidak.

5 cara mengatasi instagram error di android tersebut dapat dilakukan dengan mudah oleh pengguna instagram. Cek secara berkala kondisi handphone atau aplikasi itu sendiri untuk mengetahui adanya gangguan atau tidak. Dengan begitu pengguna dapat meminimalisir terjadinya error dan dapat menikmati fasilitas dan fitur-fitur yang disediakan oleh instagram dengan lancar.

REKOMENDASI »  Aplikasi Web Memberikan Keunggulan Untuk Penggunanya

DAFTAR ISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *