Cara Pengajuan Rekening Koran yang Perlu Diketahui (cnn.com)
Cara Pengajuan Rekening Koran yang Perlu Diketahui (cnn.com)

Cara Pengajuan Rekening Koran yang Perlu Diketahui

Cara pengajuan Rekening Koran dapat dilakukan melalui beberapa langkah. Tentu Anda pernah mendengar istilah “rekening koran” dari berbagai bank yang ada di Indonesia. Ketika menabung di bank, akan selalu memperoleh buku tabungan beserta ATM untuk mempermudah transaksi.

Sedangkan untuk rekening koran adalah laporan dari setiap berbagai transaksi yang telah dilakukan oleh pemilik rekening tersebut. Laporan tersebut disesuaikan dengan bank penerbit. Atau dengan kata lain, rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan. Lalu bagaimanakah cara kita untuk mendapatkan rekening koran tersebut? Berikut kita simak ulasannya.

Cara Pengajuan Rekening Koran Mudah

Secara lebih jelasnya, rekening koran merupakan dokumen pencatatan terhadap transaksi keuangan dan cukup penting. Dalam berbagai kebutuhan penting yang mengharuskan seseorang memperlihatkan dokumen ini.

Meskipun saat ini telah terdapat fasilitas e-banking, akan tetapi rekening koran pun tetap diperlukan para nasabah bank. Hal ini dikarenakan, dokumen ini mempunyai manfaat yang cukup beragam.

REKOMENDASI »  Ini Cara Menghitung THR Karyawan Tetap secara Akurat

Mulai dari persyaratan memasuki negara lain hingga guna mencicil rumah. Istilah rekening korang berasal dari bahasa Belanda, yakni “courant” yang artinya seluruh transaksi keuangan pada suatu rekening tertentu.

Rekening koran merupakan dokumen yang berisi riwayat transaksi, baik masuk hingga keluar pada suatu rekening tabungan. Melalui dokumen ini memberikan informasi, mulai dari saldo awal bulan, mutasi kredit, mutasi debet, hingga saldo akhir.

Perbedaan Rekening Koran dengan Buku Tabungan

Lalu apakah perbedaan dari rekening koran dengan buku tabungan? Meski sama-sama memuat tentang tanggal serta sandi transaksi, mutasi debet, mutasi kredit, serta saldo, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan.

Pada buku rekening hanya mencatatkan dalam bentuk angka pada debet dan kredit. Sedangkan untuk rekening koran memuat berbagai informasi penting. Seta lebih detail, seperti tujuan transaksi untuk apa, kemana alirannya dan lain sebagainya. Maka, Rekening koran secara umum ditujukan bagi nasabah corporate atau entitas.

REKOMENDASI »  5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Investasi Emas Antam Online Agar Tidak Terjebak

Cara Pengajuan Rekening Koran  

Cara memperoleh rekening koran dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Meskipun demikian, laporan keuangan atau kumpulan mutasi rekening dari nasabah sebuah bank bersifat rahasia.

Maka untuk pengajuan atau untuk mendapatkan rekening koran, pemilik buku tabungan atau rekening yang bersangkutan yang dapat mencetaknya.

Apabila melalui orang lain, harus menyertakan adanya surat kuasa yang sah. Adapun langkah-langkah pengajuan rekening koran antara lain:

  • Hal penting pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan berbagai jenis dokumen yang diperlukan. Mulai dari buku rekening tabungan (asli), KTP, kartu debit, serta biaya mencetak rekening koran.
  • Setelah semua persyaratan tersebut Anda siapkan, maka Anda dapat datang langsung ke kantor cabang bank tempat Anda membuka rekening.
  • Selanjutnya Anda dapat menuju ke customer service atau teller, menyampaikan maksud Anda untuk mencetak transaksi rekening koran yang terjadi selama periode yang Anda inginkan.
  • Untuk rekening koran yang pengajuannya melalui pihak kedua, maka pemilik tabungan harus membuat adanya surat kuasa yang wajib ditandatangani oleh kedua pihak yang disertai dengan materai. Selanjutnya surat kuasa, KTP serta buku tabungan akan diproses melalui customer service.
REKOMENDASI »  Harga AC Paling Murah Dengan Kualitas Terbaik

Namun selain cara pengajuan rekening koran secara langsung di bank yang bersangkutan, dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda pun dapat mencetak rekening koran secara mandiri melalui internet banking. Beberapa bank telah menawarkan kemudahan untuk para nasabahnya untuk dapat melihat list transaksi dalam beberapa bulan sebelumnya. Pengajuan permohonan rekening koran dapat dilakukan secara online melalui aplikasi mobile banking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *