Cara Pendaftaran BLT Kuliah dan Manfaatnya

Cara Pendaftaran BLT Kuliah dan Manfaatnya

Tahun 2021 ini pemerintah membuka kembali 200.000 pendaftaran BLT kuliah bagi siswa yang baru lulus SMA sederajat. Ini adalah kesempatan bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan tinggi, tetapi terkendala dengan tingginya biaya.

Pemberian bantuan ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam membangun individu dengan karakter tinggi, penuh kreativitas, dan menguasai teknologi. Karena nantinya generasi muda ini akan menjadi penerus bangsa dan siap menghadapi kemajuan zaman.

Salah satu bentuk programnya adalah program Indonesia Pintar (PIP) dengan mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Dengan programnya, siswa dari sekolah menengah atas, kejuruan, dan setingkatnya bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Harapannya adalah terdapat pemerataan akses pendidikan serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia untuk menyongsong Indonesia maju. Selain itu juga mendorong generasi muda dalam meningkatkan taraf ekonomi keluarganya.

Ekonomi yang Menjadi Kendala Berkuliah

Biaya kuliah cukup tinggi, meskipun saat ini biaya pendidikannya hanya satu, yaitu uang kuliah tunggal, tetapi penunjangnya masih cukup besar. kampus – kampus rata – rata berada di perkotaan besar, sehingga mengharuskan menyewa kos.

Biaya pendidikannya sendiri juga cukup besar, seperti keperluan membeli buku, mengikuti praktikum, atau mengikuti seminat – seminar. Belum lagi keperluan tambahan seperti mengikuti kegiatan kemahasiswaan atau tergabung dalam himpunan.

Selain kendala biaya pendidikan, kendala kebutuhan hidup sehari – hari juga cukup membuat pusing. Seperti kebutuhan makan, transportasi menuju kampus, biaya kos – kosan, dan keperluan lainnya untuk menunjang kenyamanan belajarnya.

Besarnya biaya ini terkadang menjadi salah satu penyebab sebagian besar keluarga kurang mampu tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Meskipun memiliki prestasi atau mimpi gemilang, tetapi terpaksa harus merelakan pada nasib ekonominya.

Baca Juga  Besaran dan Syarat Menerima BLT Kuliah

Langkah untuk Pendaftaran BLT Kuliah

Untuk menjadi bagian dari KIP agar memperoleh BLT kuliah, dapat melalui dua cara mendaftarnya. Pertama adalah pendaftaran mandiri atau kedua melalui lembaga pendidikan tingginya. Sasarannya diprioritaskan pada calon mahasiswa dari kalangan kurang mampu.

Pendaftaran mandiri bisa dilakukan dengan mengakses laman KIP kuliah Kemendikbud bisa dari versi aplikasi Androidnya. Peserta harus menginputkan datanya, yaitu NIK, NPSN, NISN dan Email pribadinya, pastikan masih berfungsi.

Setelah menginputkan, datanya nanti akan diverifikasi dan divalidasi oleh Dapodik Kemendikbud dan DTKS Kemensos. Setelah datanya dianggap valid, maka peserta akan memperoleh kode aksesnya beserta nomor pendaftarannya.

Langkah terakhir adalah memeriksa e-mail pastikan sudah menerima nomor pendaftaran serta kode aksesnya. Selesaikan prosesnya dengan cara memilih jalur seleksinya. Pastikan pilihannya benar – benar sesuai keinginan Anda.

Manfaat Mengikuti Pendaftaran BLT Kuliah

Mengikuti proses pendaftaran serta tervalidasi sebagai bagian dari KIP kuliah memiliki beberapa manfaat. Terutama terkait dengan prosesnya ketika menempuh pendidikan tinggi beserta penunjang studinya.

Manfaat pertama adalah tidak dikenakan biaya seleksi, biasanya sebelum mengikuti seleksi peserta akan memiliki kewajiban membayar biaya registrasi. Pemilik KIP Kuliah terbebas dari biaya tersebut serta dapat mengambil seleksinya langsung.

Berbagai biaya pendidikan yang langsung dibayarkan pada perguruan tinggi juga akan dibebaskan. Sehingga mahasiswa bisa fokus menempuh studinya tanpa harus khawatir membayar biaya – biaya perkuliahan yang cukup mahal.

Terdapat pula bantuan biaya hidup, mengingat perkuliahan tidak hanya membicarakan tentang studi, tetapi juga bertahan hidup di daerah baru. Besarannya kini menyesuaikan daerahnya, Kemendikbud membaginya menjadi 5 klaster daerah.

Pendidikan tinggi adalah hak setiap warga negara Indonesia, serta merupakan langkah dalam membangun SDM kreatif dan inovatif terhadap kemajuan teknologi. Kendala ekonomi tidak menjadi hambatan, karena telah dibuka pendaftaran BLT kuliah.

Baca Juga  Syarat Pencairan BLT UMKM Senilai Rp1,2 Juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *