cara mempercepat upload file di google drive

5 Cara Mempercepat Upload File di Google Drive Ini Dijamin Bisa Menghemat Waktu

Google memberikan fasilitas serupa ruang penyimpanan yang dapat diakses secara online yang diberi nama Google Drive. Namun seringkali terdapat kendala ketika pengoperasiannya, karena harus diakses secara daring. Ketika menghadapi situasi ini, mengetahui cara mempercepat upload file di Google Drive bisa menjadi jawabannya.

Selain menggunakan memori eksternal, banyak orang yang membutuhkan ruang penyimpanan tambahan yang menggunakan fasilitas ini. Dengan kapasitas sebesar 15 GB yang diberikan secara cuma-cuma, Google Drive semakin populer. Simak cara mempercepat upload file di Google Drive berikut ini:

1. Menggunakan Jaringan Internet yang Stabil

Karena berbasis dalam jaringan, tentu menyimpan atau mengunggah file ke Google Drive membutuhkan jaringan yang stabil. Proses upload yang lama bisa jadi karena jaringan yang digunakan buruk. Oleh karena itu, pastikan jaringan yang digunakan lancar dengan sinyal yang bagus.

Jika memungkinkan, pengguna bisa menggunakan jaringan wifi. Ketimbang jaringan data seluler, kinerja wifi akan lebih cepat sehingga upload file pun menjadi cepat pula. Satu lagi yang harus diperhatikan jika menggunakan jaringan wifi publik, pastikan tidak banyak yang tersambung ke wifi yang sama, karena jika begitu bisa saja wifi menjadi lemah.

REKOMENDASI »  Cara Membuat Subtitle di YouTube yang Paling Mudah

2. Kecilkan Ukuran File yang Akan Diunggah Terlebih Dahulu

File yang besar akan memakan waktu upload yang lebih lama. Apabila jaringan yang digunakan buruk dan proses upload terhenti, kadangkala pengguna harus mengunggah ulang agar file tidak rusak. Tentunya hal ini membuang waktu pada saat proses upload.

Demi menghindari hal ini, lakukan kompres file atau mengecilkan ukurannya agar lebih menyusut. Mengkompres file bisa dilakukan melalui aplikasi atau memanfaatkan situs web compress file. Dengan ukuran file yang lebih kecil tentu akan mempercepat upload pada Google Drive.

3. Berhenti Mengakses Aplikasi atau Website yang Membutuhkan Koneksi Internet Juga

Pada saat mengunggah file di Google Drive, hendaknya menutup sementara aplikasi atau situs yang sama-sama menggunakan internet. Hal ini karena jika proses upload berbarengan dengan aktivitas yang memerlukan internet lain, jaringan akan terpecah kepada dua aktivitas tersebut.

Ini akan mengganggu proses upload bahkan proses akan terhenti tanpa disadari. Biarkan internet fokus menangani upload file di Google Drive dahulu sebelum menggunakan aplikasi lain seperti Instagram, Tiktok dan lain-lain. Setelah selesai, pengguna bisa kembali berselancar di dunia maya tersebut tanpa hambatan.

REKOMENDASI »  Estimasi Biaya Service Di Bengkel Ac Mobil Terdekat

4. Pisahkan File yang Akan Diunggah Menjadi Beberapa Bagian

Trik ini merupakan salah satu cara mempercepat upload file di Google Drive selanjutnya. Pengguna bisa memisahkan file menjadi beberapa bagian dan mengunggahnya secara berurutan. Setelah dibagi menjadi beberapa bagian, lakukan juga kompres file agar ukuran file semakin kecil.

Disarankan dalam satu bagian file yang dipisah ukurannya tidak lebih dari 1GB. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan gagal upload dan menjadikan file semakin terfokus kepada 1 tema saja. Trik ini juga mempermudah pengguna lain yang ingin mengunduhnya. Tidak perlu mengunduh semua bagian dan cari yang diperlukan saja dari bagian file yang dibagi menjadi beberapa part ini.

5. Memanfaatkan Fasilitas Dropbox melalui Cloud HQ

Dropbox adalah salah satu penyimpanan awan lain seperti Google Drive. Sementara Cloud HQ adalah layanan untuk sinkronisasi akun-akun yang menggunakan penyimpanan secara daring. Pengguna perlu mensinkronisasikan Dropbox dan Google Drive pada Cloud HQ lalu unggah file pada Dropbox kemudian pindahkan ke Google Drive.

REKOMENDASI »  Inilah Cara Memperbaiki Headset yang Tidak Ada Suaranya yang Bisa Dicoba dengan Mudah

Cara tersebut dapat mempercepat upload file ke Google Drive walaupun melalui beberapa proses. Dropbox mempunyai kelebihan dalam waktu pengunggahan file dimana ketika upload di Google Drive membutuhkan waktu 2 jam, Dropbox mampu melewatinya dalam beberapa menit. Begitu pula ketika memindahkan file dari Dropbox ke Google Drive yang tidak membutuhkan waktu lama.

Cara mempercepat upload file di Google Drive di atas dapat dicoba jika mempunyai waktu terbatas dalam mengunggah file atau memang ingin mempercepat prosesnya. Jangan lupa gunakan VPN ketika memakai wifi yang bersifat publik agar data dalam ponsel terjaga keamanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *