cara memperbaiki lubang charger hp yang longgar

Cara Memperbaiki Lubang Charger Hp yang Longgar dan Ciri-ciri Port Rusak

Lubang charger hp (disebut juga port) merupakan area yang penting sebagai tempat masuknya daya ketika melakukan pengisian baterai, sayangnya port bisa menjadi longgar. Cara memperbaiki lubang charger hp yang longgar tidaklah sulit dan dapat dilakukan sendiri. Lubang di charger hp biasanya terjadi karena beberapa kebiasaan buruk.

Menggunakan charger yang tidak asli adalah salah satu penyebab paling umum. Charger non ori memiliki kualitas yang jauh di bawah charger ori. Bisa juga karena usia hp yang sudah lama sehingga sudah sering dilakukan pengisian daya dan lama kelamaan menjadi longgar. Hal ini tentu menyulitkan karena hp tidak dapat hidup tanpa baterai. Inilah tips untuk memperbaiki port hp yang longgar dan ciri-cirinya.

Ciri Lubang Charger Hp yang Longgar

Masalah lubang charger (port) longgar cukup banyak dialami oleh pengguna hp. Tingkat keparahannya mulai dari yang ringan seperti pengisian daya yang lambat, bahkan yang parah seperti hp mati total. Perlu diketahui dahulu ciri-ciri lubang charger hp yang longgar berikut ini:

REKOMENDASI »  Cara Membuat File ZIP di Android Tanpa Aplikasi dan Langkah Membukanya

1. Baterai Tidak Dapat Dicharge

Konektor hp yang longgar berdampak pada pengisian daya sehingga hp akan sulit untuk dicharger. Biasanya hanya masuk sebentar kemudian terhenti sendiri. Apabila charger bisa digunakan di hp lain, berarti Artinya port hp tersebut yang bermasalah.

2. Charger Mudah Lepas Sendiri

Saat hp sedang dicharge, lalu posisinya berubah atau terkena gerakan sedikit kabelnya sudah lepas, hal ini menandakan port charger sudah mulai longgar. Arahnya berubah sehingga tidak pas sesuai konektor pada chargernya.

3. Pengisian Daya Sangat Lama

Proses melakukan pengisian daya tergantung dengan spesifikasi hp serta kepala dan kabel charger. Namun jika pengisiannya terlampau lama, bisa jadi justru port charger yang sudah longgar sehingga daya terhambat untuk masuk.

Cara Memperbaiki Lubang Charger Hp yang Longgar

Charger hp (port) longgar dapat menyebabkan berbagai masalah, terutama terkait pengisian baterai. Akibatnya jika dibiarkan dapat memperpendek usia baterai. Tidak perlu khawatir, ada tiga cara yang bisa membantu mengatasi port longgar, yaitu:

REKOMENDASI »  6 Cara Meningkatkan Kinerja Laptop yang Lemot

1. Bersihkan Port Charger

Salah satu penyebab utama kerusakan port charger adalah karena kotor. Cara memperbaiki lubang charger hp yang longgar dapat dilakukan dengan membersihkan port. Bagian ini memang jarang dibersihkan, sehingga kemungkinan akan ada debu dan kotoran lain yang menempel. Bersihkan secara rutin dengan menggunakan benda kecil seperti cotton bud, jarum, atau peniti. Gosoklah hati-hati pada bagian yang kotor.

2. Mengatur Arah Konektor

Gunakan benda tipis dan panjang dalam proses ini, karena port charger sangat kecil. Contohnya jarum atau peniti. Masukkan jarum dan gerakkan secara perlahan ke berbagai arah sesuai kebutuhan hingga port yang berpindah posisi bisa bergerak ke posisi seperti sedia kala. Jika sudah, tes kembali dengan kabel charger. Jika belum pas, lakukan cara yang sama hingga posisinya sesuai.

3. Ganti IC Charger

IC charger adalah bagian yang memiliki fungsi sebagai penghantar daya dari charger menuju baterai hp. Komponen ini juga memuat informasi mengenai proses pengisian baterainya. Apabila bagian ini rusak, dapat menyebabkan port menjadi longgar. Sehingga salah satu cara memperbaiki lubang charger hp yang longgar adalah dengan mengganti IC chargernya. Harganya berkisar dari 100 hingga 200 ribu, dan jika disertai pemasangan bisa mencapai 300 ribu. Pilihlah IC charger dengan kualitas baik karena komponen ini berperan penting terhadap pengisian daya.

REKOMENDASI »  Cara Menggunakan Internet Banking BRI Sangat Mudah

Itulah informasi mengenai ciri port rusak dan cara memperbaiki lubang charger hp yang longgar. Cara tersebut bisa dilakukan untuk berbagai merk hp. Apabila sudah dilakukan berbagai cara dan tidak juga berhasil, disarankan untuk segera membawa hp ke service center. Hal ini penting untuk mengetahui sumber masalah dan juga dapat mencegah kerusakan semakin buruk.

Pencarian Popular

ciri ciri charger lambat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *