Fungsi dan Cara Membuat Timer di Kamera Instagram

Fungsi dan Cara Membuat Timer di Kamera Instagram

Instagram merupakan sosial media dengan kepopuleran yang terus meningkat beberapa tahun terakhir ini. Melihat maraknya pengguna, media sosial berbasis foto ini terus menghadirkan fitur baru, salah satunya timer. Cara membuat timer di kamera instagram tidaklah sulit. Dengan fitur timer, pengguna bisa membuat video Instastory dengan sedikit bantuan waktu untuk bersiap.

Sebagian besar pengguna Instagram pernah menggunakan fitur story / Instastory. Ini adalah fitur yang paling banyak digunakan di Instagram. Pengguna bisa membagikan informasi, pengalaman, hingga karya dan dagangan. Instagram kini juga menjadi ladang penghasilan bagi banyak orang. Instastory sendiri terus mengalami pembaruan dengan beberapa fitur baru, salah satunya hands-free.

Fungsi Fitur Timer

Fitur yang terdapat dalam Instastory ini disebut juga hands-free. Fitur ini hanya ada dan dapat digunakan di video. Pengguna akan mendapat waktu sebanyak 3 detik untuk mempersiapkan diri. Berikut fungsi fitur timer:

1. Memberi Jeda Waktu

Fitur ini bermanfaat untuk merekam video story. Hands-free dapat memberi waktu hitungan mundur (timer) sebelum merekam. Hal ini bisa memberi waktu supaya pengguna dapat bersiap. Meski durasinya tidak panjang, namun banyak yang cukup terbantu melalui hadirnya fitur ini.

REKOMENDASI »  Persyaratan Buka Rekening CIMB Niaga Terbaru 2021

2. Tak Perlu Menahan Jari

Selain memberi jeda waktu, kegunaan fitur timer dalam instagram juga dapat memudahkan pengguna dalam proses merekam video. Kelebihannya yaitu pengguna tidak perlu terus menahan jempolnya di tombol selama merekam.

Cara Membuat Timer di Kamera Instagram

Membuat timer pada Instastory cukup praktis. Hanya perlu melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak berikut ini informasinya:

1. Unduh Aplikasi

Pastikan sudah mempunyai aplikasi Instagram. Lakukan pembaruan jika Instagram masih belum dalam versi terbaru, karena pada versi lama Instagram tidak terdapat hands-free. Sosial media dengan logo kamera berwarna merah muda keunguan ini bisa diunduh melalui Play Store (untuk Android) maupun App Store (untuk Apple). Aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 38 MB dan sudah diunduh hingga lebih dari 500 juta kali. Jika sudah berhasil menginstall Instagram, segera lakukan register jika belum memiliki akun.

REKOMENDASI »  Mengenal Apa Yang Dimaksud Dengan Asuransi Jiwa Dan Beragam Jenisnya

2. Mengakses Menu Hands-free

Setelah berhasil log in di akun Instagram, akan muncul halaman utama (home). Biasanya di sini terdapat foto yang diunggah oleh akun-akun yang telah difollow. Di bagian kiri atas akan ada foto akun kita dengan tanda plus (+) berwarna biru. Klik pada foto tersebut untuk mulai membuat Instastory.

Pada Instastory terdapat banyak pilihan menu. Ada bagian kiri yang vertikal, dan di bagian bawah ada bagian yang bisa digeser ke kanan maupun ke kiri untuk mencoba berbagai filter. Klik pada tombol panah ke bawah (v) yang ada di sebelah kiri. Setelah itu akan muncul berbagai logo yang menunjukkan nama dari masing-masing fitur. Cara membuat timer di kamera Instagram adalah mencari menu hands-free. Logonya berupa lingkaran dengan tanda kotak di tengahnya (seperti lambang stop).

3. Menerapkan Hands-free

Setelah menemukan logo hands-free, cara membuat timer di kamera Instagram berikutnya adalah dengan menekan dan menahan tanda lingkaran berwarna merah muda-jingga yang ada di tengah fitur tersebut. Kamera akan memberi waktu selama 3 detik untuk melakukan persiapan.

REKOMENDASI »  Daftar Frekuensi Parabola Semua Satelit Terbaru 2021, Simak Rinciannya

Setelah 3 detik kemudian kamera mulai merekam. Lepaskan tangan dan tidak perlu lagi menahan tombol dengan jempol, video sudah dapat terus merekam. Setelah rekamannya selesai, pada video tersebut juga bisa diberi stiker dan filter lainnya sesuai kebutuhan, agar nampak lebih menarik. Jika sudah, klik tanda “send to” lalu “your story” maka video tersebut sudah tampil dan dapat dilihat oleh followers di Instagram.

Demikian cara membuat timer di kamera instagram yang mudah. Dengan kemudahan timer tersebut, pengguna kini bisa merekam video Instastory tanpa harus menekan terus tombol rekam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *