Cara Mempercepat Pengisian Baterai

7 Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP Agar Tetap Awet

Hp bergeser dari kebutuhan sekunder menjadi primer sejak beberapa tahun terakhir. Cara mempercepat pengisian baterai hp menjadi salah satu informasi yang banyak dicari oleh pengguna hp. Banyak dari pengguna yang sulit lepas dari hp bahkan saat sedang diisi dayanya. Tidak heran bahwa pengisiannya menjadi lebih lambat.

Seiring berkembangnya zaman, semakin canggih pula hp yang hadir di mancanegara. Namun dengan kecanggihan tersebut tentu memerlukan daya yang kuat juga. Seringkali yang terjadi adalah baterai tidak bertahan lama. Oleh karena itu, berikut cara yang disarankan agar pengisian baterai hp lebih cepat, antara lain:

1. Menggunakan Charger Asli

Memakai charger asli adalah cara mempercepat pengisian baterai hp yang paling utama. Saat ini semakin banyak yang menjual charger non ori yang memasang merk hp tertentu, dibandrol dengan harga murah.

Charger non ori tetap bisa digunakan untuk mengisi daya, namun beresiko merusak baterai. Sedangkan pada charger asli sudah dilakukan penghitungan tegangan hingga aliran arus sesuai kapasitas hp, sehingga pengisian lebih cepat dan baterai awet.

REKOMENDASI »  Inilah 5 Cara Memperbaiki File Corrupt Tercepat

2. Pengisian Baterai di Bawah 20% harus Dihindari

Usahakan mengisi baterai hp sebelum baterainya kurang dari 20%. Hal ini karena ketika pengisian baterai akan berlangsung lebih cepat dibanding membiarkan hp berada pada kondisi baterai sudah lemah. Pengisian daya akan lebih lama ketika baterai habis dan dapat mengurangi usia baterai hp.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Dengan mengaktifkan fitur Airplane Mode (mode pesawat) dapat mematikan data dan kartu sim, namun hp tetap dalam kondisi menyala. Seluruh jaringan akan terputus sehingga mengangkat kecepatan dalam mengisi baterai. Hal ini karena konsumsi baterai akan berkurang drastis ketika tidak digunakan untuk berbagai koneksi.

4. Keluar dari Aplikasi

Tanpa disadari, ada banyak aplikasi yang penggunaannya cukup berat sehingga memakan daya lebih banyak. Saat sedang mengisi daya, biasakan untuk log out dari berbagai aplikasi sehingga sistemnya terhenti untuk beberapa saat. Dengan log out, notifikasi baru akan terhenti dan pengisian baterai akan lebih cepat.

REKOMENDASI »  5 Cara Mengecilkan Ukuran File PDF di Laptop untuk Menghemat Penyimpanan

5. Mengurangi Penggunaan Hp

Banyak dari pengguna yang masih menggunakan hp bersamaan dengan pengisian daya. Padahal jika sering dilakukan dapat mengurangi kecepatan pengisian baterai dan memperpendek usia baterai karena terus diforsir. Oleh karena itu, mengurangi kebiasaan ini juga termasuk cara mempercepat pengisian baterai hp.

6. Lepas Casing Hp

Sebagian pengguna hp memakai casing. Melepas casing saat mengisi daya adalah cara mempercepat pengisian baterai hp. Hal ini dikarenakan casing dapat meningkatkan suhu pada hp, padahal suhu panas tidak disarankan untuk baterai hp.

Saat ini semakin banyak baterai hp dengan bahan lithium-ion sehingga akan terisi dengan lebih cepat saat kondisi baterainya dingin. Meski demikian, jangan meletakkan hp di kulkas karena akan merusak hp jika suhunya terlalu ekstrem.

REKOMENDASI »  Cara Membuat Akun Paypal Tanpa Kartu Kredit dengan Mudah dan Cepat

7. Gunakan Aplikasi Pendukung

Saat ini juga banyak aplikasi yang mendukung agar pengisian baterai hp lebih cepat, salah satunya Fast Charging. Bisa juga menggunakan aplikasi lain yang recommended dan banyak mendapat ulasan baik dari pengguna. Dengan bantuan aplikasi, bisa meningkatkan kecepatan pengisian sebanyak 20 bahkan 40 persen. Namun hal tersebut juga bergantung pada jenis hp dan penggunaannya.

Itulah cara pengisian baterai yang cepat sangat menguntungkan, terutama bagi pengguna yang harus sering menggunakan hp. Misalnya pengguna yang sumber pemasukannya melalui internet, untuk mengerjakan tugas kuliah, dan sebagainya. Dengan menerapkan cara mempercepat pengisian baterai hp dapat meminimalisir kerusakan baterai dan menjaganya tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *