Cara Mempercepat Hp Android yang Lemot

6 Cara Mempercepat HP Android yang Lemot Agar Kinerja HP Semakin Optimal

Memiliki HP dengan performa yang cepat tentu diidamkan banyak orang. Membuka aplikasi atau berselancar di dunia maya menjadi lebih menyenangkan. Tapi, bagaimana jika pada kenyataanya performa android semakin berkurang dari waktu ke waktu dan menjadi lemot? Tentu ada cara mempercepat HP android yang lemot yang bisa dilakukan.

Alasan terbesar HP menjadi lemot adalah ruang penyimpanan yang semakin menipis. Walaupun data yang tersimpan sudah banyak yang dihapus, belum tentu kinerja ponsel kembali seperti semula. Ada banyak data tersembunyi dan hal yang harus dilakukan yang mungkin tidak diketahui pengguna. Berikut cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Cek Jumlah Pemakaian Memori Tidak Sampai Penuh

Setiap HP memiliki kapasitas RAM dan ROM yang berbeda. Adapun RAM (Random Access Memory) adalah tempat untuk menyimpan data, sedangkan ROM (Read Only Memory) digunakan untuk membaca data. Jika RAM dalam ponsel mulai penuh, akan mengakibatkan ponsel mulai lemot.

Ada baiknya untuk menyisakan ruang pada RAM agar operasi ponsel lebih optimal. Kalau memang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar semetara ukuran RAMnya kecil, pengguna bisa memakai memori eksternal yang dipasang ke ponsel. Dengan begitu penyimpanan dapat dibagi pada dua tempat.

REKOMENDASI »  Intip Cara Membuat Email Balasan Otomatis di Google Form yang Mudah

2. Membersihkan Cache (Data Tersimpan) dengan Rajin

Ketika seseorang membuka aplikasi, sistem pada ponsel menyimpan data aplikasi tersebut agar jika suatu saat aplikasi tersebut akan dibuka kembali tidak memerlukan proses yang terlalu lama. Ini karena data pada aplikasi tersebut telah tersimpan sementara dalam file cache. Cache sendiri adalah tempat untuk menyimpan data sementara.

Penumpukan file cache ini tentu akan memenuhi ruang penyimpanan. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan data cache agar HP tidak lemot. Namun, hati-hati saat membersihkan cache karena dikhawatirkan ada data yang ingin disimpan malah ikut terhapus.

3. Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Membuka banyak aplikasi sekaligus memang menjadi keahlian android. Ini memudahkan pengguna berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan cepat. Aplikasi yang masih berjalan ini bisa membuat android lemot.

Kadangkala, pengguna tidak sadar telah membuka banyak aplikasi tanpa menghentikan pengoperasiannya setelah digunakan. Oleh karena itu, segera sudahi penggunaaan aplikasi apabila telah selesai digunakan. Jangan lupa menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai agar ruang penyimpanan semakin luas.

REKOMENDASI »  Cara Memperbaiki YouTube yang Tidak Bisa Dibuka Agar Berfungsi Kembali

4. Lakukan Update Software Ketika Ada Pemberitahuan

Software atau aplikasi yang terinstall pada ponsel pada dasarnya selalu diperbaharui oleh pengembang agar pengoperasiannya lebih optimal atau adanya tambahan fitur baru. Jika ada pemberitahuan update software, segeralah lakukan update. Karena, mungkin saja sistem sebelumnya memiliki masalah yang harus segera diperbaiki.

5. Gunakan Satu Aplikasi Antivirus

Salah satu cara mempercepat hp android yang lemot adalah dengan tidak menggunakan banyak aplikasi antivirus. Karena, aplikasi ini akan terus berjalan di latar belakang walaupun softwarenya telah ditutup. Meskipun sistem bawaan telah memiliki antivirus, banyak pengguna yang percaya dengan menggunakan banyak antivirus keamanan ponsel akan semakin terjaga.

Inilah yang menyebabkan performa android menjadi lemah dan lemot. Cukup gunakan sistem antivirus bawaan saja. Atau install satu saja aplikasi antivirus jika diperlukan agar tidak menambah beban RAM.

REKOMENDASI »  Cara Menggunakan Internet Banking BRI Sangat Mudah

6. Pasang Shortcut di Home Screen Seperlunya

Memiliki banyak aplikasi lalu menyimpan shortcutnya di layar home screen biasanya dilakukan agar tidak perlu repot mencari di menu. Terkadang aplikasi yang baru terinstall pun otomatis membentuk shortcutnya sendiri di home screen. Namun, semakin banyak shortcut yang terpasang, justru akan membenani kinerja android. Ada baiknya menyisakan beberapa shortcut yang diperlukan saja agar kinerja ponsel tidak melambat.

Selain cara diatas, masih banyak cara mempercepat HP android yang lemot lainnya. Namun, dengan mempraktekkan cara-cara ini pun sudah bisa membantu memperbaiki performa android pengguna. Jangan lupa lakukan anjuran tersebut secara berkala agar tidak ada lagi kata lemot pada HP android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *