keuntungan reksadana per bulan

Cermati Dulu! Sebelum Hitung Keuntungan Reksadana Per Bulan yang Akan di Peroleh

Pada sebuah investasi yang sangat diharapkan oleh para investor tentunya adalah keuntungan yang maksimal. Sesuai dengan teori yang dipopulerkan Adam Smith yaitu dengan modal yang dikeluarkan sedikit tapi memiliki untung yang sebesar-besarnya. Keuntungan reksadana per bulan adalah hal yang juga dinantikan para investor.

Keuntungan yang didapat seorang investor sebelum melakukan investasi jual maupun beli, sebenarnya harus dilakukan pada waktu yang tepat. Ketika harga investasi mengalami penurunan maka saat terbaik untuk membeli saham dan ketika harga turun maka lakukanlah hal sebaliknya. Sebelum mengetahui keuntungan dari sebuah reksa dana terdapat beberapa hal yang harus diketahui yaitu:

Kenali Apa Itu Reksadana?

Bagi investor yang baru mulai melakukan investasi sebaiknya pelajari dan kenali terlebih dahulu hal-hal dasar yang terdapat didalamnya, terutama Reksadana. Pada berbagai pembahasan yang banyak di publish, reksadana merupakan wadah yang dapat menghimpun suatu dana yang terkumpul dari berbagai investor yang kemudian akan diurus dan dikelola oleh Manajer investasi.

Hal yang sangat penting untuk diketahui juga yaitu pilihlah Reksadana yang telah bergabung dan terdaftar dalam OJK. Saat ini peraturan yang berlaku di Indonesia untungnya yaitu, OJK mewajibkan seluruh  sistem transaksi  online yang ada sudah terdaftar.

REKOMENDASI »  Adakah Investasi Menguntungkan dengan Modal 10 Juta? Simak Jawabannya di Sini

Berapakah Macam Reksadana?

Bingung dengan berbagai macam layanan yang ada di dalam Reksa dana?, mulailah dengan mempelajari dasarnya terlebih dahulu. Supaya bisa mendapatkan keuntungan reksadana per bulan maka bagi para pemula harus mengerti dan paham dengan setiap jenis reksadana yang ada. Jenis Reksadana sendiri terbagi kedalam kedalam 4 macam yaitu:

1. Pertama ada Reksadana Pasar Uang

Apa hal yang pertama dipikirkan ketika membaca pasar uang? Transaksi jual beli uang, tukar tambah? Dan banyak lainnya. Semua itu salah, pasar uang adalah tempat yang menyediakan pertemuan antara pemilik dana maupun calon konsumen.Investasi yang terdapat didalamnya 100% merupakan instrumen dari sejenis deposito pasar uang.

2. Jenis Pendapatan Tetap

Merupakan jenis yang termasuk kedalam investasi berupa instrumen pendapatan tetap, dan contoh instrumennya yaitu obligasi yang merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh lembaga instansi yang telah diakui. Separuh instrumen lainnya yang terdapat didalamnya berada pada instrumen pasar uang.

REKOMENDASI »  Tips Memulai Usaha Sayuran Packing Mudah untuk Menambah Penghasilan Dari Rumah

3. Campuran atau Mix

Ingin mencoba memiliki berbagai kombinasi dari setiap investasi?, coba untuk membuat investasi pada Reksadana Campuran. Dalam Reksadana ini terdapat investasi yang masuk pada kombinasi instrumen diantaranya yaitu ada pasar uang, surat utang atau obligasi dan saham.

4. Saham

Bukti atau tanda kepemilikan yang memiliki nilai pada sebuah perusahaan atau lembaga dapat juga disebut dengan saham. Reksadana saham merupakan jenis investasi, dimana 80% sebagian banyaknya terletak pada instrumen saham. Sisa yang terdapat didalamnya dapat dibagikan ke berbagai instrumen sperti pasar uang serta saham.

Bagaimanakah Mendapatkan Untung Bulanan?

Untung yang terdapat dalam sebuah reksadana dapat dihitung dan diakumulasikan secara manual dengan menghitungnya sendiri. Langkah dan cara yang dilakukan yaitu untuk berusaha menjadi teliti dan cermat, agar jumlah hasil yang didapatkan tidak keliru.

Contoh yang mudah dipahami yaitu melalui metode kasus, misalnya. Rani melakukan transaksi pembelian Reksadana C dengan modal  1 juta rupiah pada 2 November 2020. Waktu itu harga belinya adalah 1000 per unit. Pada bulan selanjutnya,  2 Desember 2021, Reksadana C memiliki harga 1500 per unit. Bagaimanakah cara menentukan keuntungannya?

REKOMENDASI »  AC Samsung, Murah Namun Berkualitas Tinggi

Cara hitungnya yaitu hanya dengan membagi modal awal yang dimiliki dengan jumlah harga per unit waktu pembelian pertama. Perhitungan agar terlihat lebih jelas dan dapat dimengerti berikut cara pengerjaannya:

  • Mencari jumlah unit yang diperoleh, 2.000.000/1000 = 1000 per unit.
  • Mengalikan setiap jumlah unit yang dimiliki Rani dengan harga beli per tanggal 2 Desember 20021, 1000 x 1500 = 1.500.000.
  • Hitung selisih harga investasi tanggal 2 Desember 2021 dengan 2 November 2020 serta persentasenya, 1.500.000 – 1.000.000 = 500.000. Persentase yang didapat yaitu 500.000/2.000.000 = 25%.

Nah, dari hasil keuntungan reksadana per bulan, didapatkan hasil akhir perhitungan setiap bulan yang didapat sejumlah 25%. Sangat mudah dan gampang bukan?, cobalah untuk selalu menghitung manual, agar investor dapat memahami alurnya. Keakuratan dari setiap perhitungan manual ini tergantung dari tingkat ketelitian dan juga kecermatan yang dipakai di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *