keuntungan investasi obligasi

Daftar Keuntungan Investasi Obligasi yang Wajib Diketahui Para Pelaku Ekonomi

Obligasi tentu telah menjadi salah satu jenis investasi menarik dalam dunia investor. Investasi dalam bentuk utang dengan jangka waktu tertentu ini memang cukup aman digunakan. Melakukan jual beli obligasi juga menjadi satu keuntungan yang besar bagi pelaku ekonomi. Nah, namun apa saja sebenarnya keuntungan investasi obligasi? Simak ulasan detailnya berikut ini:

1. Mendapat Kupon Obligasi

Keuntungan investasi obligasi yang pertama adalah mendapatkan kupon obligasi. Kupon ini sebenarnya merupakan satu bentuk pendapatan berkala yang akan didapatkan oleh investor saat melakukan investasi obligasi.

Biasanya kupon ini akan berbentuk bunga yang didapatkan selama keberlangsungan kegiatan obligasi. Investor akan mendapatkan bunga melalui obligasi ini dengan jumlah persentase yang sama seperti kesepakatan di awal saat melakukan investasi.

2. Mendapat Capital Gain

Pemegang saham obligasi pun juga bisa memperjualbelikan obligasi yang dimiliki pada sekuritas lain untuk memperoleh keuntungan. Pendapatan ini nantinya akan dinamakan sebagai capital gain. Nantinya pendapatan ini akan didapatkan oleh pemegang obligasi sesuai dengan kesepakatan yang berhasil disepakati oleh penjual dan pembeli.

REKOMENDASI »  Apa yang Dimaksud Bisnis Startup dan Apa Saja Karakter-Karakter Utamanya? Simak Ulasannya di Sini

Melalui kesepakatan inilah nantinya pendapatan akan dapat dicairkan dan obligasi akan berpindah tangan. Tentunya kesepakatan ini harus dilakukan berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku pada tata cara jual beli obligasi yang tepat supaya tidak ada pihak yang dirugikan.

3. Liquid Asset

Berinvestasi ke obligasi juga bisa menguntungkan melalui liquid asset. Melalui mendapatkan liquid asset ini, investor bisa mencairkan dana obligasi sewaktu-waktu. Satu hal yang harus diingat bila ingin memperoleh liquid asset berarti investor harus melakukan investasi pada pasar sekunder.

Hal ini tentu berbeda dengan peraturan pada pasar primer yang mengharuskan investor menunggu dalam jangka waktu tertentu. Tentunya hal ini berkaitan dengan peraturan yang berlaku pada pasar primer yang hanya memperbolehkan investor melakukan pembelian pada saat IPO.

REKOMENDASI »  Ketahui Apa Saja Ide Jualan dari Kulit Pangsit Sebelum Mencoba Usaha

4. Lebih Terjamin

Melakukan investasi memang menjadi kegiatan yang menguntungkan namun juga membawa resiko di belakangnya. Hal inilah yang membuat tidak sedikit orang masih ragu untuk menginvestasikan dana pada suatu aset. Melihat dari hal ini, akhirnya pemerintah menetapkan satu undang-undang yang melindungi obligasi.

Investor akan mendapatkan jaminan uang kembali apabila ada suatu kendala yang terjadi pada saat melakukan investasi obligasi. Obligasi pemerintah adalah jenis obligasi yang tentunya lebih aman dan menjamin adanya peraturan ini.

5. Bisa Dilakukan Lebih Mudah

Keuntungan investasi obligasi lain yang bisa diperoleh adalah akses yang bisa dilakukan dengan lebih mudah, fleksibel dan tentunya aman. Mengacu pada perkembangan teknologi yang semakin modern kini, obligasi juga bisa dilakukan secara online. Berbagai aplikasi atau situs resmi yang memudahkan pelaku ekonomi dalam memperjualbelikan obligasi tentu menjadi satu hal yang akan menguntungkan.

REKOMENDASI »  Jasa Service AC Terdekat, Harga Terjangkau dan Kualitas Terjamin

Biasanya aplikasi atau situs seperti ini akan memberikan akses pada para pelaku ekonomi untuk dapat melakukan kegiatan ekonomi di pasar sekunder. Hal ini tentu sangat membantu apabila investor ingin melakukan jual beli obligasi dengan mudah.

Nah, itulah tadi keuntungan investasi obligasi yang tentunya akan aman dilakukan oleh para calon investor. Jenis investasi ini memang tergolong lebih aman dan mudah dilakukan karena adanya bentuk jaminan dari pemerintah. Pendapatan yang didapatkan oleh investor pun juga menjadi satu hal yang bersifat tetap didapatkan dari investasi ini. Tentunya dengan tetap memperhatikan peraturan serta tata cara yang tepat supaya tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *