Jenis Sistem Komputer yang Perlu Untuk Anda Ketahui (needsindex.com)
Jenis Sistem Komputer yang Perlu Untuk Anda Ketahui (needsindex.com)

Jenis Sistem Komputer yang Perlu Untuk Anda Ketahui

Sistem komputer  tentunya saat ini susah biasa penggunaannya.  Personal computer atau laptop kini tidak lepas dengan adanya sistem operasi di dalamnya. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang isinya berupa program.

Hal ini untuk dapat mengendalikan sistem yang terdapat pada perangkatnya. Sistem operasi tentunya berperan penting agar sistem yang terdapat dalam perangkat bisa dijalankan.

Inilah Beberapa Jenis Sistem Komputer

Kini ada beberapa sistem operasi yang dikeluarkan oleh setiap pabrik yang berbeda. Untuk itu, ketahui beberapa sistem operasinya berikut ini.

Linux

Salah satu jenis sistem operasi ini banyak dikenal. Sistem operasi Linux ini menjadi salah satu sistem favorit para programmer. Sehingga tidak heran apabila Linux banyak penggunaannya untuk server korporasi, sains, dan sistem komputer cloud.  Selain itu, Linux juga memiliki sifatnya open source.

Hal itu berarti pengguna dapat memodifikasi juga mendistribusikannya secara bebas tanpa membutuhkan lisensi. Dengan sistem open source tersebut, Linux dapat memiliki perkembangan yang terbilang pesat. Pengembangannya dilakukan oleh banyak orang.

MS-DOS

Sistem operasi MS-DOS sebagai cikal bakal dari Microsoft Windows yang sudah dikenal sampai saat ini. MS-DOS sistem operasi biasa digunakan oleh komputer IBM-PC atau kompatibel dengan perangkat yang sama.

MS-DOS ini sifatnya single tasking dengan modus Text dan Command-Line. Sistem MS-DOS mulai ditinggalkan oleh sang empunya seiring hadirnya sistem operasi berbasis grafis antarmuka Microsoft Windows. MS-DOS telah resmi dihentikan pada tahun 2000 oleh Microsoft.

Microsoft Windows

Microsoft Windows atau Windows merupakan sistem operasi yang sangat populer pada perangkat lunak komputer seluruh dunia. Windows sebagai sistem operasi Microsoft dengan basis pada pengguna grafik antarmuka.

Sejak awal peluncurannya Windows langsung banyak dikenal. Hal itu karena hadirnya aplikasi grafis buatan Microsoft. Seperti halnya Microsoft Excel dan Microsoft Word. Hingga  kini Microsoft mengeluarkan beberapa versi terbaru dari Windows. Bahkan lebih lengkap dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

REKOMENDASI »  6 Cara Meningkatkan Kinerja Laptop yang Lemot

Unix

Unix sebagai salah satu jenis sistem operasi yang kehadirannya sudah sejak lama. Penggunaan Unix pada sebuah komputer mini sebagai server jaringannya. Unix ini begitu ringan dan sangat membantu dalam proses pemindahan kerjanya untuk satu komputer ke komputer yang lainnya.

Salah satu kelebihan Unix yaitu penggunaannya secara multiuser atau lebih dari satu penggunanya, meskipun digunakan untuk waktu yang bersamaan. Unix sifatnya hirarkikal, tentunya memudahkan dalam proses mengakses data. Kini sudah tersedia banyak versi dari Unix yang dapat Anda pilih.

Chrome OS

Chrome OS termasuk salah satu jenis sistem operasi komputer yang paling baru. Sistem operasi dalam pengembangannya dari Google rilis pada Juni 2011. Chrome OS hadir dengan basis Linux. Namun penggunaannya hanya pada perangkat tertentu, seperti Chromebook.

Sistem operasi ini memberikan tampilan yang minimalis. Pada awalnya, Chrome OS juga hanya dapat mengoperasikan beberapa aplikasi sederhana. Seiring berjalannya waktu, kini penggunaan Chrome OS juga pada aplikasi-aplikasi Android.

Mac OS

Sistem operasi Mac OS adalah sistem operasi pertama dengan basis GUI yang dirilis Apple. Apple adalah perusahaan perangkat komputer yang menggunakan teknologi sangat maju. Selain itu, juga eksklusif pada awal kehadirannya.

Sistem operasi Mac OS secara khusus penggunaannya untuk perangkat keras dari Apple. Secara keseluruhan, Mac OS tampak berbeda dengan sistem operasi yang lainnya. Mac OS termasuk sistem operasi yang tidak memiliki baris perintah (command line). Mac Os menggunakan antara muka pengguna grafik secara penuh.

Kini Anda dapat mengetahui mengenai jenis sistem komputer.  Berbagai jenis sistem yang ada, tentunya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

DAFTAR ISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *