usaha rumahan di bulan ramadhan

7 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan dengan Keuntungan Besar!

Ramadhan menjadi salah satu momen dimana umat islam menjalankan ibadah wajib yaitu berpuasa selama satu bulan penuh. Dalam bulan ini, ada banyak berkah yang bisa diperoleh mulai dari tambahan pahala hingga bisnis kuliner yang meningkat. Ada banyak sekali jenis usaha rumahan di bulan Ramadhan yang menjadi primadona karena kepopulerannya.

Ketika menjalankan usaha di bulan puasa, harus benar-benar memperhatikan bagaimana pasar membutuhkan suatu produk. Banyak orang kemudian menjadi lebih konsumtif dalam selama Ramadhan dan ini menjadi peluang bagus untuk membuka usaha. Usaha bisa dimulai dari rumahan berikut ini bisa menjadi ide tersendiri demi mendapat tambahan uang.

1. Berjualan Menu Takjil

Usaha pertama yang tentu bisa dijalankan saat masuk Ramadhan tentu saja adalah usaha kuliner terutama untuk jajanan takjil. Takjil sendiri menjadi hidangan yang tidak pernah lepas dan selalu bergandengan dengan ramainya bulan Ramadhan.

REKOMENDASI »  Kantor Grabcar Terdekat Menjadi Sarana Transportasi yang Mudah

Memulai  usaha takjil dari rumah bisa dengan menu-menu sederhana seperti minuman manis baik itu es cincau dan sebagainya. Gunakan sistem pesan antar melalui media sosial supaya banyak orang bisa memesan produk yang dijajakan dengan mudah.

2. Usaha Katering

Selanjutnya ada usaha catering yang memang menjadi semakin ramai ketika Ramadhan tiba terutama untuk anak kos. Usaha ini dilakukan dalam bentuk makanan berbuka puasa ataupun untuk sahur bagi pelanggan yang membutuhkannya.

Satu syarat utama dalam membangun usaha catering adalah pemahaman terkait berbagai menu yang beragam agar pelanggan tidak bosan. Jasa catering ini bisa dibangun dengan gratis ongkos pengantaran supaya banyak orang lebih tertarik untuk bergabung.

3. Laundry Rumahan

Ketika berpuasa, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka semakin menjadi malas apalagi untuk mencuci. Kegiatan seperti mencuci bisa terasa sangat melelahkan apalagi jika dilakukan saat menahan lapar dan haus.

REKOMENDASI »  Aplikasi Sekuritas Terbaik yang Cocok untuk Pemula

Karena itulah usaha laundry rumahan juga bisa menjadi ide usaha rumahan di bulan ramadhan yang menjanjikan cukup banyak keuntungan. Di waktu lebaran, banyak orang mengalami kesulitan juga karena ART yang harus mudik, dan disinilah peluang bisnis hadir.

4. Cuci dan Servis Kendaraan

Selama Ramadhan, banyak orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga daripada harus pergi ke luar. Orang-orang juga menjadi malas untuk merawat kendaraan baik itu sekedar memandikan atau membawa ke bengkel untuk servis.

Layanan home service ataupun cuci di rumah pelanggan juga bisa menjadi alternatif usaha yang membutuhkan dana sedikit. Hal terpenting dari usaha ini adalah tetap menjaga hubungan dengan pelanggan dan memberikan service terbaik supaya mau memakai jasa lagi.

5. Berjualan Busana

Hal terakhir yang bisa dimulai di rumah adalah usaha menjual berbagai busana baik itu busana muslim hingga kaos. Usaha ini juga bisa dikombinasikan dengan menyediakan berbagai perlengkapan ibadah mulai dari sajadah hingga sarung. Di Indonesia masih tersisa budaya berbelanja banyak perlengkapan pribadi selama Ramadhan berlangsung.

REKOMENDASI »  5 Rahasia Usaha Jajanan Anak Muda Laris Manis di Pasaran

Ide ini punya keuntungan cukup menjanjikan mengingat masih banyaknya pasar yang bisa dijadikan tujuan. Ibu-ibu di sekitar kompleks bisa menjadi sasaran konsumen hanya tinggal bagaimana agar mereka tertarik untuk membeli. Bahkan, usaha ini bisa dimulai tanpa modal dengan menggunakan sistem pre-order misalnya.

Memang tersedia banyak usaha rumahan di bulan Ramadhan yang bisa dipilih, tetapi sesuaikan lagi dengan keadaan sekitar. Hal paling penting untuk diingat ketika memulai usaha adalah bagaimana mendapatkan pelanggan untuk mau membeli produk yang dijajakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *