cara menarik kembali uang yang telah ditransfer bank mandiri

Inilah Cara Menarik Kembali Uang yang Telah Ditransfer Bank Mandiri Akurat

Bagaimanakah cara menarik kembali uang yang telah ditransfer bank Mandiri? Pertanyaan semacam ini kerap dilontarkan oleh para nasabah di dunia maya setelah mengalami kejadian salah transfer atau bahkan penipuan. Secara prosedural, sebenarnya ada alternatif cara yang dapat ditempuh oleh nasabah tersebut, yakni dengan merunut proses yang dijelaskan di bawah ini:

1. Siapkan Dokumen Persyaratan

Pertama, cara menarik kembali uang yang telah ditransfer bank Mandiri yang bisa dilakukan oleh nasabah adalah menyiapkan dokumen. Terdiri dari buku dan surat keterangan yang dipakai oleh bank sebagai dasar verifikasi, laiknya:

  • Kartu identitas pengenal yang dimiliki oleh nasabah seperti KTP, SIM, KK atau lainnya yang diakui keabsahannya;
  • Bukti telah melakukan transfer sejumlah uang baik berupa struk ATM maupun screenshoot foto bila transaksi dilakukan via online;
  • Buku tabungan dari nasabah sebagai verifikasi kepemilikan rekening masing-masing nasabah;
  • Kartu ATM yang dipergunakan oleh nasabah, jika transfer tersebut dilakukan melalui media mesin ATM;
  • Surat pernyataan berisi kronologi kejadian salah transfer atau penipuan yang dialami oleh nasabah;
  • Bila kasusnya penipuan, maka biasanya disertai dengan surat permintaan pemblokiran rekening tujuan yang dibubuhi materai setidaknya senilai 6.000; dan
  • Keterangan lain yang dapat mempermudah jalannya proses verifikasi yang akan dilakukan oleh pihak bank Mandiri.
REKOMENDASI »  Cara Memulai Bisnis Startup, Ide Merupakan Kunci Penting!

2. Buat Laporan di Kepolisian

Selanjutnya, nasabah juga perlu untuk melaporkan kejadian salah transfer atau penipuan ke kepolisian terdekat yang ada di daerah masing-masing. Tujuannya, untuk meyakinkan bank atas legalitas tindakan yang nanti akan diusahakan. Selain itu, juga berguna untuk memutus mata rantai penipuan yang mungkin terjadi di hari berikutnya pada nasabah bank yang lain.

3. Datangi Customer Service dan Jelaskan Kronologi

Setelah dokumen persyaratan verifikasi dan surat pelaporan kepolisian sudah dimiliki, maka segera datang ke CS di kantor bank Mandiri terdekat. Lalu, lakukan hal-hal yang disebutkan berikut:

  • Serahkan dokumen yang dimiliki kepada customer service guna mendapatkan bantuan;
  • Setelahnya, untuk mendapatkan kejelasan customer service tersebut akan menanyai sejumlah pertanyaan verifikasi;
  • Jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan keadaan yang sebenarnya tanpa ada rekayasa;
  • Jangan lupa menjelaskan kronologi kejadian secara detail, mulai dari waktu transfer, alasan melakukannya, dan media apa yang dipakai, baik atm atau melalui media lain seperti mobile banking; dan
  • Nasabah akan menerima nota atau surat keterangan salah transfer atau penipuan yang dikeluarkan oleh pihak bank Mandiri.
REKOMENDASI »  Fungsi Utama Bank Sentral dan Berbagai Kewenangannya

4. Ikuti Mekanisme Mediasi yang Diwajibkan Bank

Setelah laporan selesai, biasanya pihak bank Mandiri akan melacak data rekening tujuan salah transfer atau penipu. Kemudian, akan melakukan tindakan pembekuan sementara atas nomor rekening yang berkaitan untuk dilakukan proses mediasi. Karena pada dasarnya pihak bank menghendaki setiap permasalahan yang dihadapi oleh para nasabah sebisa mungkin terselesaikan dengan cara damai.

5. Tunggu Hasilnya

Terakhir, sebagai cara menarik kembali uang yang telah ditransfer bank Mandiri adalah menunggu informasi dari CS. Bila mediasi berhasil, uang akan dikembalikan dalam beberapa hari ke depan. Namun bila gagal, maka identitas yang ada di rekening tujuan akan dimasukan dalam daftar pencarian orang karena dinilai melakukan tindak pidana penipuan.

REKOMENDASI »  7 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan dengan Keuntungan Besar!

Nah, itulah tadi sejumlah pembahasan terkait cara menarik kembali uang yang telah ditransfer bank mandiri terakurat sesuai prosedur yang diberlakukan. Mengingat semua proses yang harus dilalui cukup rumit, dan belum tentu berhasil, alangkah baiknya jika sebelum melakukan transfer mengecek betul-betul. Agar kejadian menjengkelkan yang tidak diinginkan seperti ini, bisa dihindari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *