Berikut Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen (wouwlabs.com)
Berikut Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen (wouwlabs.com)

Berikut Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

Banyak yang masih belum mengetahui perbedaan saham biasa dan saham preferen. Saham memanglah sebuah investasi yang mungkin cukup populer di kalangan investor. Banyak orang yang memanfaatkan uangnya untuk membeli saham agar bisa mendapatkan banyak keuntungan dan supaya bisa dinikmati saat lanjut usia nanti. Akan tetapi mereka terkadang juga belum memahami perbedaan antara saham biasa dan saham preferen.

Banyak orang bertanya apa sih perbedaannya saham biasa sama saham preferen? Nah supaya Anda paham dan mengetahui arti dan perbedaan saham ini, bacalah artikel ini sampai selesai.

Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

Saham adalah sesuatu yang berharga karena pemilik saham mempunyai hak kepemilikan pada suatu perusahaan atau emiten. Jadi banyak atau sedikitnya pemilik saham tetap akan disebut sebagai pemilik perusahaannya, dan juga akan ikut merasakan keuntungan yang didapat. Saham dibagi menjadi dua jenis. Berikut ini adalah perbedaan dari saham biasa dan  saham preferen

  1. Saham biasa (Common stock)

Saham memiliki bahasa gaul yaitu common stock juga bisa disebut saham biasa. Saham ini merupakan surat berharga yang dimiliki pemilik perusahaan sebenarnya. Jadi pemilik common stock ini akan menanggung semua keuntungan juga risiko bisnis yang terjadi didalam perusahaan. Pemilik common stock juga tidak memiliki hak yang istimewa.

REKOMENDASI »  Cara Membaca Grafik Saham Harus Anda Ketahui Sebelum Berinvestasi

Oh iya, saham biasa juga memiliki tingkat risiko yaitu, tidak menerima uang mereka kembali saat perusahaan bangkrut, tentunya akan merugikan para investor dan membuat saham biasa lebih berisiko daripada saham preferen. Akan tetapi sisi positif dari saham biasa ini adalah dapat mengungguli obligasi dan saham preferen.

  1. Saham preferen

Sedangkan nama lain dari saham jenis ini adalah preferred stock. Surat berharga ini memiliki karakteristik gabungan dari saham biasa dan obligasi. saham jenis ini memberikan pendapatan tetap berbentuk bunga obligasi. Keunggulan dari saham preferen ini adalah lebih aman daripada saham biasa. Karena pemilik saham ini memiliki hak klaim atas aset dan seluruh kekayaan pada perusahaan. Tidak hanya itu saja, pemegang saham ini juga memiliki hak untuk didahulukan atas pembagian dividen.

REKOMENDASI »  Saham Lo Kheng Hong Dengan Tiga Saham yang Super Besar

Setiap kelebihan pasti juga ada titik lemahnya. Saham preferen ini ke kelemahannya di tingkat perdagangan. Dikarenakan jumlahnya berbeda dengan saham biasa yang jumlahnya lebih banyak. Saham preferen ini hanya dijadikan sebagaimana bahan pertimbangan tambahan. Sangat berbeda terkait hak suara pemegang saham biasa, karena hak pemegang saham dapat menentukan dan memilih jajaran manajemen perusahaan.

Agar dapat lebih memahami dengan mudah perbedaan saham biasa dan saham preferen perhatikan beberapa poin di bawah ini:

  • Pemilik saham preferen ini memiliki tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan pemilik saham biasa dan dapat dinilai dari segi kewenangannya.
  • pemilik saham preferen mempunyai hak untuk mendapatkan dividen lebih awal
  • Nilai dividen sudah ditetapkan besarannya, sementara untuk pemilik saham biasa dividennya sesuai dengan keuntungan perusahaan.
  • Pemilik saham biasa mempunyai hak suara lebih tinggi
  • Saat perusahaan terkena musibah dan mengalami kerugian besar. Pemilik saham preferen masih mempunyai hak untuk lebih diutamakan dalam melakukan pengembalian investasi.
  • Pemilik saham biasa dapat membeli kembali saham perusahaan dan tidak bisa dilakukan pada pemegang saham preferen
REKOMENDASI »  Indeks LQ45: Pengertian, Tujuan, Kriteria dan Daftar Emiten

Nah seperti itulah perbedaan saham biasa dan saham preferen. Pada intinya semua jenis saham memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Semua tinggal bergantung pada diri Anda  sendiri yang menentukan, mau memilih berinvestasi jenis apa.

DAFTAR ISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *